Manajemen Kearsipan pada PT Pertamina (Persero) Tbk Kantor Pemasaran Wilayah I Medan
Abstract
Manajemen kearsipan merupakan suatu perencanaan, penempatan,
pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan terhadap arsip dan keseluruhan
proses yang berkaitan dengan arsip, pada dasarnya manajemen kearsipan
mengelola seluruh daur hidup arsip (life cycle of record) yang terdapat didalam
suatu organisasi atau lembaga-lembaga (Lundgren and Lundgren, 2003 : 5).
Arsip (record) yang dalam istilah bahasa Indonesia ada yang menyebutkan
sebagai “warkat”, pada pokoknya dapat diberikan pengertian sebagai setiap
catatan tertulis baik dalam bentuk gambar ataupun bagan yang memuat
keterangan-keterangan mengenai sesuatu subyek (pokok persoalan) ataupun
peristiwa yang dibuat orang untuk membantu daya ingatan orang (itu) pula. Maka
yang termasuk dalam pengertian arsip itu misalnya surat-surat, kwitansi, faktur,
pembukuan, daftar gaji, daftar harga, kartu penduduk, bagan organisasi, foto-foto
dan lain sebaginya. Arsip adalah suatu kumpulan warkat yang disimpan secara
sistematis karena mempunyai suatu kegunaan agar setiap kali diperlukan dapat
secara cepat ditemukan kembali (Gie, 2000:12).