dc.description.abstract | Seiring dengan perkembangan perekonomian yang semakin pesat dewasa
ini, maka tata kerja, prosedur kerja, dan sistem kerja memegang peranan penting
pada setiap instansi pemerintah dan juga badan-badan swasta, sebagaimana
dikemukakan oleh Sedarmayanti (2001 : 134) Tata kerja merupakan cara-cara
pelaksanaan kerja yang seefisien mungkin atas sesuatu tugas dengan mengingat
segi-segi tujuan, peralatan, fasilitas, tenaga kerja, waktu, ruang, dan biaya yang
tersedia. Prosedur kerja adalah rangkaian tata kerja yang berkaitan satu sama lain
sehingga menunjukkan adanya suatu urutan tahap demi tahap serta jalan yang
harus ditempuh dalam rangka penyelesaian sesuatu bidang tugas. Sedangkan
sistem kerja merupakan suatu rangkaian tata kerja yang kemudian membentuk
suatu kebulatan pola tertentu dalam rangka melaksanakan sesuatu bidang
pekerjaan.
Tata kerja, prosedur kerja, dan sistem kerja penting artinya sebagai suatu
pola kerja yang merupakan penjabaran tujuan, sasaran, program kerja, fungsi fungsi dan kebijaksanaan ke dalam kegiatan-kegiatan pelaksanaan yang nyata.
Tata kerja, prosedur kerja, dan sistem kerja yang baik membantu pelaksanaan
tugas-tugas seperti pengambilan keputusan, penentuan kebijaksanaan serta
penyelenggaraan pengawasan di suatu kantor | en_US |