| dc.description.abstract | Seiring dengan perkembangan perekonomian yang semakin pesat dewasa 
ini, maka tata kerja, prosedur kerja, dan sistem kerja memegang peranan penting 
pada setiap instansi pemerintah dan juga badan-badan swasta, sebagaimana 
dikemukakan oleh Sedarmayanti (2001 : 134) Tata kerja merupakan cara-cara 
pelaksanaan kerja yang seefisien mungkin atas sesuatu tugas dengan mengingat 
segi-segi tujuan, peralatan, fasilitas, tenaga kerja, waktu, ruang, dan biaya yang 
tersedia. Prosedur kerja adalah rangkaian tata kerja yang berkaitan satu sama lain 
sehingga menunjukkan adanya suatu urutan tahap demi tahap serta jalan yang 
harus ditempuh dalam rangka penyelesaian sesuatu bidang tugas. Sedangkan 
sistem kerja merupakan suatu rangkaian tata kerja yang kemudian membentuk 
suatu kebulatan pola tertentu dalam rangka melaksanakan sesuatu bidang 
pekerjaan. 
 Tata kerja, prosedur kerja, dan sistem kerja penting artinya sebagai suatu 
pola kerja yang merupakan penjabaran tujuan, sasaran, program kerja, fungsi fungsi dan kebijaksanaan ke dalam kegiatan-kegiatan pelaksanaan yang nyata. 
Tata kerja, prosedur kerja, dan sistem kerja yang baik membantu pelaksanaan 
tugas-tugas seperti pengambilan keputusan, penentuan kebijaksanaan serta 
penyelenggaraan pengawasan di suatu kantor | en_US |