Metode dan Prosedur Kearsipan pada Perusahaan Asuransi AJB Bumiputera 1912 Divisi Askum Medan
View/ Open
Date
2007Author
Pinem, Etha Veronica
Advisor(s)
Marlina, Lisa
Metadata
Show full item recordAbstract
Kearsipan merupakan bagian dari pekerjaan kantor yang sangat penting.
Sebagian pekerjaan yang berhubungan dengan kertas menuntut kita bahwa data
yang tertera di kertas itu harus di simpan dengan rapi. Alasannya adalah untuk
keperluan mengenai informasi atau keterangan antak masa yang akan datang.
Informasi yang tertulis secara tepat mengenai keputusan, pikiran, dan kontrak
serta saham-saham legalitas perusahaan dan transaksi-transaksi yang tersimpan
rapi harus selaiu tersedia apabila diperlukan agar Kantor dapat memberikan
pelayanan yang disesuaikan dengan keperluan.
Menurut George R.Terry. Phd, Arsip adalah penyimpanan atau
peuempatan kertas-kertas dalam tempat penyimpanan yang baik sesuai
dengan beberapa peraturan yang telah ditentukan terlebih dahulu, sehingga
apabila diperlukan dapat ditemukan kentbali dengan mudah dan cepat.
Arsip adalah kumpulan surat yang mengandung arti dan mempunyai
kegunaan baik bagi kepentingan organisasi maupun bagi kepentingan perorangan
yang disimpan sedemikian rupa sehingga dengan mudah dan cepat ditemukan
| kembali apabila sewaktu-waktu diperlukan. (Wursanto, 1991:19}
Arsip merupakan pusat ingatan dari setiap organisasi. Apabila arsip yang
dimiliki oleh setiap organisasi kurang baik pengelolaannya, maka akibataya akan