dc.description.abstract | Pemasaran merupakan aktifitas manusia yang menunjang dan
memperlancar proses pertukaran antar individu-individu, organisasi-organisasi,
dan masyarakat. Setiap organisasi bisnis perlu menjua! preduk-produknya agar
dapat bertahan dan tumbuh. Dengan berkembangnya system perekonomian,
mengakibatkan produksi lambat laun makin dispesialisasi sehingga produsen,
konsumen, pusat-pusat produksi serta konsumsi makin terpisah satu sama lain.
Dalam artian masyarakat, pemasaran adalah setiap kegiatan tukar-menukar
yang bertujuan untuk memuaskan keinginan-keinginan manusia. Sedangkan
dalam artian bisnis pemasaran adalah suatu sistem dari kegiatan bisnis yang
dirancang untuk direncanakan, memberi harga, mempromosikan dan
mendistribusikan jasa serta barang-barang pemuas keinginan pasar.
Manajemen bisnis pada saat ini mulai menyadari manfaat penerapan
konsep sistem pemasaran, Suatu sistem pemasaran adalah rangkaian yang
berkaitan dari pranata, kegiatan dan arus yang dirancang untuk memberi
kemudahan “bagi transaksi tukar-menukar antara sebuah organisasi dengan
pasarnya.
Sistem pemasaran dalam suatu perusahaan ataupun instansi pemerintah
memiliki keanekaragaman bentuk dan caranya masing-masing. Hal ini dapat
disebabkan oleh adanya persaingan perekonomian yang semakin luas. Selain itu
setiap perusahaan harus mampu membaca sekaligus mengikuti terus | en_US |