Peranan Public Relations dalam Menciptakan Opini Publik pada PT. Telkomsel Sumatera Area
Abstract
Sebagaimana kita ketahui bahwa setiap lembaga, organisasi dan bentuk usaha
lain baik instansi pemerintah dan swasta terdiri dari sejumlah individu yang
membentuk kelompok sosial dengan ciri-ciri tertentu yang kita sebut sebagai publik.
Publik ini terbentuk karena adanya kepentingan yang sama dirasakan oleh masingmasing individu. Oleh sebab itu, sering kita jumpai dalam suatu perusahaan terdapat
jenis publik yang berbeda. Ada yang disebut internal publik dan eksternal publik.
Kedua publik itu sangat penting artinya bagi perusahaan, karena mereka turut
mempengaruhi maju mundumya suatu perusahaan. Jadi intinya kedua publik tersebut
harus dibina sebaik mungkin agar hubungan kedua publik tersebut berjalan harmonis.
Pembinaan hubungan kedua publik tersebut, baik internal maupun eksternal
tidaklah mudah dan harus dilakukan secara terus — menerus. Oleh karena itu
diperlukan suatu badan yang khusus menangani masalah tersebut. Badan itu disebut
Humas. Public Relations ini memiliki kegiatan - kegiatan tertentu yang semuanya
bertujuan untuk membina hubungan yang harmonis dengan berbagai publik
perusahaan.
Seiring dengan kemajuan teknologi dan iimu pengetahuan, maka keberadaan
Public Relations ini jadi sangat penting untuk mengantarkan perusahaan kepada