Analisis Manajemen Piutang pada PT. Daya Muda Agung Cabang Medan
View/ Open
Date
2006Author
Purba, Jon Bredo
Advisor(s)
Sibarani, Magdalena
Metadata
Show full item recordAbstract
Setiap perusahaan mempunyai berbagai macam kegiatan penjualan dalam menjalankan usahanya apakah penjualan jasa maupun penjualan barang dagang . Salah satunya adalah dengan dengan melakukan penjualan dengan kredit . Dalam rangka usaha memperbesar volume penjualan , pada umumnya perusahaan besar menjual produknya secara kredit . Penjualan kredit tidak segera menghasilkan penerimaan kas tapi menimbulkan piutang dagang , dan kemudian pada hari jatuh tempo terjadi aliran kas masuk yang berasal dari pengumpulan piutang tersebut . Dengan demikian piutang merupakan elemen modal kerja yang juga selalu dalam keadaan berputar , sehingga manajemen piutang merupakan hal yang sangat penting diperhatikan perusahaan yang menjual produknya secara kredit . Dalam manajemen piutang terdapat masalah pengendalian piutang dan evaluasi terhadap pemberian kredit yang dijalankan oleh perusahaan . Maka semakin besar jumlah piutang ( penjualan secara kredit ) dari keseluruhan penjualan maka akan memperbesar jumlah investasi dalam piutang . Dengan besarnya volume penjualan kredit setiap tahunnya berarti perusahaan tersebut harus mengadakan investasi yang lebih besar lagi dalam piutang . Semakin besar jumlah piutang berarti semakin besar resiko yang akan dihadapi , tapi bersamaan dengan itu juga akan memperbesar kemampulabaan ( profitability ) perusahaan .
Collections
- Diploma Papers (Financial) [1696]