dc.contributor.advisor | Rahmawati, Etti | |
dc.contributor.author | Tanjung, Delilah Wahyuni | |
dc.date.accessioned | 2018-10-17T03:41:01Z | |
dc.date.available | 2018-10-17T03:41:01Z | |
dc.date.issued | 2018 | |
dc.identifier.uri | http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/7387 | |
dc.description.abstract | Suatu alat tes psikologi harus memiliki kualitas yang baik secara psikometri sehingga hasil pengukurannya dapat dipercaya. Alat tes yang baik
diharapkan berfungsi sesuai dengan tujuan penyusunannya sehingga hasil pengukurannya akurat. Oleh sebab itu, perlu dilakukan evaluasi sehingga diperoleh alat tes yang valid dan hasil pengukuran yang reliabel. Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis karakteristik psikometri terhadap TKD2, meliputi analisis indeks kesukaran aitem, daya diskriminasi, efektivitas distraktor, reliabilitas, serta validitas konstrak. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, dengan data yang didokumentasikan oleh P3M Fakultas Psikologi USU dalam menyeleksi calon siswa SMA. Data tersebut berupa respon subjek pada lembar jawaban berjumlah 500 lembar. Hasil penelitian ini menemukan, urutan indeks kesukaran aitem pada TKD2 tidak
sesuai. Dari 40 aitem pada TKD2, hasil daya diskriminasinya menunjukkan 11
aitem berdaya diskriminasi jelek, sedangkan 29 aitem memerlukan revisi.B
eberapa distraktor aitem TKD2 tidak berfungsi. Penelitian ini juga menemukan koefisien reliabilitas yang tidak reliabel sebagai tes inteligensi yaitu 0,64.Validitas konstrak dengan analisis faktor konfirmatori, menemukan 32 aitem memiliki t-
value diatas nilai kritikal dan tidak satupun aitem yang memiliki muatan faktor standard diatas nilai kritikal. | en_US |
dc.description.abstract | A psychological testing must be have a good quality in a psychometric to make the results of measurement can be trasted. A good test is ecpecteed has a function in accordance with the purpose of that test to make the results of measurement are accurate. Therefore, a test need to be evaluated, so that we have a valid and reliable test. The pupose of this study is to item, discrimination power, distractor effectiveness, reliability, and construct validity. The data used in this study was collected using documentation by P3M Faculty of Psychology USU from student high school collection data. The data is about subject response on the answer sheet amounted to 500 sheets. The results of this study proves that the sequence of difficulty index item on TKD2 is not appropriate. Of the 40 items in TKD2, the results of discriminatory show that 11 item have a weak-discrminating,
while 29 item need revisions, and some item distractor of TKD2 are not working. The reliability coefficient of this research is 0,64. Validity of constants with confirmatory factor analysis, find that 32 items have t-value is above the critical value and no one of items have a standard factor load above the critical value. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
dc.subject | Karakteristik Psikometri | en_US |
dc.subject | TKD 2 | en_US |
dc.title | Analisis Karakteristik Psikometri pada Tes Kemampuan Diferensial (TKD) 2 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nim | NIM131301005 | en_US |
dc.identifier.submitter | Nurhusnah Siregar | |
dc.description.type | Skripsi Sarjana | en_US |