Show simple item record

dc.contributor.advisorSiregar, Farida Linda Sari
dc.contributor.authorButar Butar, Ruth Marsinta
dc.date.accessioned2018-10-18T02:14:53Z
dc.date.available2018-10-18T02:14:53Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/7412
dc.description.abstractPre-operation anxiety is an anticipative response to a threat in life, body integrity, or even the life itself which can cause stress and the increase in stressor toward the operation procedure. The objective of this research was to identify the influence of slime game therapy on anxiety in school-aged children in pre-operation at RSUP H. Adam Malik, Medan. The research used quasi-experimental method with pre-test design consisted of one intervention group. The samples were 15 respondents, taken by using purposive sampling technique. The data were analyzed by using paired sample t-test. The result of the research showed that all respondents’ scores of anxiety decreased after they had been given slime game therapy. The result of statistic test showed that p-value = 0.000 which indicated that there was the influence of slime game therapy on the anxiety in school-aged children in pre-operation. It is recommended that game therapy as one of the interventions in nursing care for school-aged children in pre-operation should be applied.en_US
dc.description.abstractKecemasan praoperatif merupakan suatu respon antisipasi terhadap ancaman dalam hidup, integritas tubuh atau bahkan kehidupannya sendiri yang dapat menyebabkan stres dan stresor meningkat terhadap prosedur operasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh terapi bermain slime terhadap kecemasan pada anak usia sekolah sebelum menjalani operasi di RSUP. H. Adam Malik Medan. Desain penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan pendekatan pre-post design yang terdiri dari satu kelompok intervensi. Tehnik pengambilan sampel dengan purposive sampling dengan jumlah sampel 15 orang. Analisa data menggunakan uji paired sample t- test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor kecemasan semua responden (15 orang) menurun sesudah diberi terapi bermain slime dibanding sebelum diberi terapi bermain slime dari cemas sedang ke tidak cemas. Hasil uji statistik diperoleh nilai p = 0,000, maka dapat disimpulakan ada pengaruh terapi bermain terhadap kecemasan pada anak usia sekolah sebelum menjalani operasi. Oleh karena itu disarankan untuk menerapkan terapi bermain sebagai salah satu intervensi asuhan keperawatan pada anak usia sekolah sebelum menjalani operasi.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectGame Therapyen_US
dc.subjectPer-Operation Anxietyen_US
dc.subjectSchool-Aged Childrenen_US
dc.titlePengaruh Terapi Bermain Slime Terhadap Kecemasan pada Anak Usia Sekolah Sebelum Menjalani Operasien_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM141101022en_US
dc.identifier.submitterZulhelmi
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record