Pengaruh Persepsi pada Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Atas Pelayanan di Ruang Rawat Inap RSUD.Sultan Sulaiman Serdang Bedagai
View/ Open
Date
2016Author
Alqoriah, Siti Rizky
Advisor(s)
Rochadi, R. Kintoko
Heldy BZ
Metadata
Show full item recordAbstract
Service quality is a performance indicator for health service provider like hospital. Qualified health service is a health service which can satisfy health service users according to the level of satisfaction which is the result of patients perception on the service quality they have received during the treatment in a hospital.The objective of the research was to find out the perception on service quality on patient satisfaction with service in the Inpatient Wards of RSUD Sultan Sulaiman. The research was an explanatory survey which was aimed to explain the causal correlation of tested variable, the perception on the service quality and patient satisfaction in the Inpatient Wards of RSUD Sultan Sulaiman.The population was 442 inpatients, and 100 of them were used as the samples. The data were gathered by using questionnaires and from the hospital medical records and analyzed by using linear regression statistic test. The result of the research showed that patients had good perception on service quality and they were also satisfied with services in the Inpatient Wards Of RSUD Sultan Sulaiman while the variables of tangibles, responsiveness, and empathy had positive but insignificant influence. Kualitas pelayanan merupakanindikator kinerja bagi penyelenggara pelayanan kesehatan seperti rumah sakit.Pelayanankesehatan yang bermutu adalah pelayanan kesehatan yang dapat memuaskansetiappemakai jasa pelayanan kesehatan sesuai dengan tingkat kepuasan. Kepuasan terhadap pelayanan kesehatan merupakan hasil dari persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan yang diterimanya selama menjalani perawatan di rumah sakit. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi pada kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien atas pelayanan di ruang rawat inap RSUD Sultan Sulaiman. Penelitian ini merupakan pelenelitian survey dengan pendekatan metode explanatory research yaitu untuk menjelaskan hubungan kausal antar variabel yang diuji, yaitu persepsi pada kualitas pelayanan dan kepuasan pasien atas pelayanan di ruang rawat inap RSUD Sultan Sulaiman. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap di RSUD Sultan Sulaiman dengan jumlah 442 orang. Sampel pada penelitian ini ditentukan sebanyak 100 orang. Metode pengumpulan data melalui kuesioner dan data laporan yang diperoleh dari rumah sakit. Analisis data dilakukan dengan uji statistic regresi linear Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan tergolong baik, demikian juga dengan kepuasan pasien atas pelayanan di ruang rawat inap RSUD Sultan Sulaiman. Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel keandalan dan jaminan terhadap kepuasan pasien atas pelayanan di ruang rawat inap RSUD Sultan Sulaiman, sedangkan variabel bukti fisik, daya tanggap, dan empati berpengaruh positif tetapi tidak signifikan.
Collections
- Master Theses [2429]
