Analisis Break Even pada PT. Resupra Indotama Medan
View/ Open
Date
2005Author
Siregar, MHD. Reza Hanafi
Advisor(s)
Lubis, Arifin
Metadata
Show full item recordAbstract
Setiap perusahaan baik yang bergerak di bidang manufaktur , jasa , dagang , baik itu perusahaan kecil , menengah maupun perusahaan besar sebelum menjalankan usahanya sudah membuat perencanaan yang akan dijalankan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu untuk memperoleh laba yang maksimal . Dengan laba yang maksimal , kelangsungan hidup perusahaan dapat dipertahankan , baik untuk pertumbuhan maupun ekspansi usaha serta prestise perusahaan dapat ditingkatkan Dalam target untuk memperoleh laba ini , perusahaan beroperasi tidak terlepas dari -biaya - biaya baik itu yang bersifat tetap maupun variabel dan untuk itu diperlukan dana untuk menutupinya yaitu dengan mengadakan penjualan produk , sebelumnya perusahaan harus dapat menganalisa biaya - biaya operasi secara akurat agar tidak terjadi biaya lebih besar dari hasil penjualan . Dengan resiko seperti ini perusahaan harus menentukan titik impas dari hasil operasinya , dengan kata lain perusahaan harus dapat menentukan sampai batas berapa hasil operasinya tidak menderita kerugian dan ini disebut dengan Break Even Point . Istilah Break Even Point dipakai bilamana suatu perusahaan hanya mampu menutup biaya produksi dan biaya usaha yang diperlukan dalam menjalankan kegiatannya , atau penjualan total sama dengan biaya total . Analisa Break Even Point merupakan pedoman dasar untuk menjalankan kegiatan usaha yang menitikberatkan pada masalah hubungan antara kapasitas produksi , biaya dan pendapatan
Collections
- Diploma Papers (Financial) [1696]