Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Kereta Api pada PT. Kereta Api (persero) Medan
Abstract
Peneliti dalam penelitian ini meneliti tentang Pengaruh Kualitas Pelayanan
Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa PT. Kereta Api (Persero) Medan. Prosuder
untuk menganalisis data yaitu: perhitungan variabel, analisis dan pembuktian
hipotesis. Adapun metode analisis yang digunakan untuk melihat pengaruh
kualitas pelayanan adaIah model anaIisis Regresi Linear Berganda dengan lima
prediktor sesuai dengan banyaknya variabel bebasnya: Yi = 130+ B1X!+ B2X2 +
B3X3 + B4~ +BsXs+e. PenganaIisisan data agar lebih mudah, penulis
menggunakan software pengolahan data statistik yang umum digunakan dalam
penelitian yaitu program SPSS (Statistical Product And Service Solution) versi
12.0. Pengujian hipotesis ini dilakukan dengan: uji-F, uji-t, dan koefisien
determinasi (R2).
Hasil penelitian yang dilakukan dengan analisis Regresi Linear Berganda
dengan bantuan program SPSS, diketahui bahwa nilai (Flritung 16,679 > Flab.!
7,64) terhadap kepuasan penggunajasa Kereta Api (Persero) Medan pada a = 5%,
oleh karena harga Flritung lebih besar dari harga F label maka hipotesis Nol (He) yang
diajukan ditolak dan H. diterima. Artinya, variabel bebas yang terdiri dari:
Pengaruh Bukti fisik, Kehandalan, Daya tanggap, Jaminan, Empati, secara
serentak mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan
pengguna jasa Kereta Api (Persero) Medan. Hasil uji parsial yang dilakukan,
variabel Kehandalan dan Empati berpengaruh secara positif dan signifikan
terhadap kepuasan pengguna jasa Kereta Api (persero) Medan dengan tingkat
a = 5% kecuali Buktifisik , Daya tanggap, dan Jaminan. Secara parsial diantara
variabel bebas yang d~teliti, ternyata variabel empati (Xs) mempunyai pengaruh
yang dominan terhadap kepuasan penggunajasa Kereta Api (Persero) Medan. Hal
ini diketahui dari niJai Signifikansinya sebesar 0.000 dan melalui identifikasi
determinan diketahui bahwa pengaruh variabel bukti langsung, kehandalan, days
tanggap, jaminan, dan empati terhadap kepuasan pengguna jasa Kereta Api
(Persero)Medan sebesar 72,03%
Collections
- Undergraduate Theses [4402]