Penerapan Tata Kerja Dalam Meningkatkan Efisiensi Kerja pada Bagian Departemen S-1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara
View/ Open
Date
2011Author
Silvianti, Windi
Advisor(s)
Pandia, Komariah
Metadata
Show full item recordAbstract
Seiring dengan perkembangan perekonomian yang semakin pesat dewasa ini,
maka penerapan tata kerja memegang peranan penting pada setiap instansi
pemerintah dan juga badan-badan swasta, sebagaimana dikemukakan oleh
Sedarmayanti (2001 : 134) tata kerja adalah cara-cara pelaksanaan kerja yang
seefisien mungkin atas sesuatu tugas dengan mengingat segi-segi tujuan, peralatan,
fasilitas, tenaga kerja, waktu, ruang, dan biaya yang tersedia. Prosedur kerja adalah
rangkaian tata kerja yang berkaitan satu sama lain sehingga menunjukkan adanya
suatu urutan tahap demi tahap serta jalan yang harus ditempuh dalam rangka
penyelesaian suatu bidang tugas.
Penerapan tata kerja penting artinya sebagai suatu pola kerja yang merupakan
penjabaran tujuan, sasaran, program kerja, fungsi-fungsi dan kebijaksanaan ke dalam
kegiatan-kegiatan pelaksanaan yang nyata. Penerapan tata kerja yang baik membantu
pelaksanaan tugas-tugas seperti pengambilan keputusan, penentuan kebijaksanaan
serta penyelenggaraan pengawasan di suatu kantor