dc.description.abstract | Kepuasan pelanggan yang merupakan evaluasi purna beli dimana alternatif
yang dipilih memenuhi atau melampaui harapan pelanggan, jika terjadi
ketidakpuasan berarti hasil (outcome) tidak memenuhi harapan mereka. Kinerja
pelayanan yang tidak sesuai dengan harapan pelanggan pada saat menggunakan
produk atau jasa (diskonfirmasi) tentunya akan memicu terjadinya lost customer
(kehilangan pelanggan) pada sebuah perusahaan. Dewasa ini konsumsi terhadap
jasa mulai dipandang sebagai sesuatu yang melibatkan perasaan (afeksi) yang
dapat dibangkitkan dengan penggunaan terhadap jasa tertentu dan akan sangat
berpengaruh ketika saat menggunakan jasa (during consumption). Karena
perasaan merupakan hasil dari hubungan dan interaksi yang terus berkembang
sepanjang waktu. Tingkat kepuasan pelanggan sangat bergantung pada kualitas
suatu produk atau jasa. Pada penelitian ini, kepuasan pelanggan dapat dipengaruhi
oleh faktor afeksi, kualitas, dan diskonfirmasi. Salah satu faktor tersebut dapat
memberikan pengaruh lebih besar daripada faktor yang lain. Mengetahui faktor faktor yang berpengaruh akan sangat membantu perusahaan dalam meningkatkan
kualitasnya.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh afeksi, kualitas dan diskonfirmasi terhadap kepuasaan pelanggan dan
untuk mengetahui variabel manakah yang paling berpengaruh (afeksi, kualitas,
dan diskonfirmasi) terhadap kepuasan pelanggan program layanan Garuda
Frequent Flyer (GFF) pada Tour and Travel PT. Bina Ukhuwah Mandiri Medan.
Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif, uji asumsi
klasik dengan uji normalitas, uji heteroskedastisitas dengan pendekatan grafik dan
statistik, uji multikolinearitas, metode analisis regresi berganda dengan uji f, uji t,
dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa afeksi, kualitas, dan diskonfirmasi
secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Garuda
Frequent Flyer yang ada di PT. Bina Ukhuwah Mandiri Medan. Hasil ini dapat
dilihat pada analisis regresi berganda serta pada koefisien determinasi, nilai R
sebesar 0.513 berarti hubungan antara afeksi, kualitas, dan diskonfirmasi terhadap
kepuasan pelanggan sebesar 51.3 %. Artinya hubungan antar variabel cukup erat. | en_US |