Aplikasi Integrasi Metode Fuzzy Servqual dan Quality Function Deployment (QFD) dalam Upaya Peningkatan Kualitas Layanan Pendidikan (Studi Kasus: SMP Swasta Cinta Rakyat 3 Pematangsiantar)
Abstract
Peningkatan kualitas merupakan salah satu strategi bisnis yang ditekankan pada
pemenuhan keinginan konsumen. Di sisi lain, kinerja perusahaan dan kepuasan
konsumen merupakan satu kesatuan yang sulit untuk dipisahkan. Kinerja
berpengaruh langsung terhadap kepuasan konsumen. Oleh karena itu suatu unit
bisnis diharapkan dapat meningkatkan kinerjanya, dimulai dengan mengetahui
sejauh mana tingkat kepuasan yang diperoleh konsumen.
Kepuasan konsumen adalah perasaan atau sikap konsumen terhadap
produk/layanan setelah digunakannya produk/layanan tertentu (Aniek Indrawati,
2011). Kualitas layanan merupakan pemenuhan dari harapan konsumen atau
kebutuhan konsumen yang membandingkan antara hasil dengan harapan dan
menentukan apakah konsumen sudah menerima layanan yang berkualitas
(Scheuning, 2004).
Dari sisi penyelenggaraannya pendidikan termasuk kategori layanan jasa
yang dilaksanakan oleh lembaga penyelenggara pendidikan atau satuan
pendidikan bagi dan untuk kepentingan masyarakat. Oxford Advanced Learner’s
Dictionary (2000) menyebutkan bahwa layanan pendidikan adalah organisasi atau
perusahaan yang menyediakan sesuatu kepada publik atau melakukan sesuatu
bagi pemerintah contohnya layanan diplomatik, layanan keamanan dan layanan
sosial. Sedangkan kualitas pendidikan menurut Ace Suryadi dan H.A.R Tilaar
adalah kemampuan lembaga pendidikan dalam mendayagunakan atau
memanfaatkan sumber-sumber pendidikan untuk meningkatkan kemampuan
belajar secara optimal.
Collections
- Undergraduate Theses [1471]