dc.contributor.advisor | Barus, Sanci | |
dc.contributor.author | Siburian, Suryadi | |
dc.date.accessioned | 2022-12-29T02:27:59Z | |
dc.date.available | 2022-12-29T02:27:59Z | |
dc.date.issued | 2010 | |
dc.identifier.uri | https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/78857 | |
dc.description.abstract | Struktur grid terdiri atas elemen-elemen linear kaku panjang sperti balok dimana
titik hubung struktur grid ini bersifat kaku.Distribusi momen dan geser pada struktur grid
dapat merupakan distribusi pada kedua arah bentangnya secara seimbang.Momen torsi yang
terjadi pada semua elemen struktur grid sebagai akibat dari cara struktur tersebut
terdefleksi.Tahanan torsi pada elemen struktur yang di asosiasikan dengan hal tersebut
memperbesar kekakuan grid secara menyeluruh.Struktur grid ini juga dapat memberikan
kekakuan dan menambah kekuatan pada pelat lantai.Dalam hal ini, untuk menambah
kekakuan pada konstruksi digunakan struktur grid, yaitu balok-balok yang saling menyilang
dan menyatu pada bidang horizontal dimana gaya-gaya dominan yang bekerja adalah tegak
lurus bidang tersebut. Dengan memakai struktur grid (balok silang), dapat diketahui
pengaruh grid terhadap kekakuan struktur bangunan sehingga diperoleh besar
defleksi/lendutan yang terjadi akibat adanya gaya-gaya yang bekerja pada bangunan.
Penambahan jumlah grid (balok silang) akan membuat struktur semakin kaku sehingga
besarnya defleksi/lendutan yang terjadi dapat dikurangi dan memenuhi peraturan dan
keamanan konstruksi.
Pada tugas akhir ini akan dianalisis struktur grid gelagar jembatan baja dengan
jumlah batang yang berbeda akibat adanya penambahan jumlah grid(gelagar diafragma)
untuk mendapatkan interaksi yang terjadi pada balok-balok grid pengaruh terhadap lendutan
dan gaya dalam yang terjadi pada struktur grid. Analisis struktur grid diselesaikan dengan
Metode Elemen Hingga (Finite Element Method dengan bantuan SAP 2000 Versi Student.
Dari hasil perhitungan terlihat bahwa semakin banyak jumlah grid (balok silang),
maka berat sendiri juga akan semakin besar yang berpengaruh terhadap besarnya lendutan
yang terjadi. Namun karena struktur dibuat dalam bentuk elemen grid (balok silang)
sehingga lendutan yang terjadi akan semakin kecil serta memenuhi terhadap persyaratan
yang telah ditentukan. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
dc.title | Analisa Balok Silang dengan Grid Elemen pada Struktur Jembatan Baja | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nim | NIM040404012 | |
dc.identifier.nidn | NIDN0001095201 | |
dc.identifier.kodeprodi | KODEPRODI22201#Teknik Sipil | |
dc.description.pages | 175 Halaman | en_US |
dc.description.type | Skripsi Sarjana | en_US |