Aplikasi Metode Keandalan Waktu Perjalanan dalam Pemilihan Rute di Perumnas Mandala (Kajian Literatur)
View/ Open
Date
2010Author
Hasugian, Syawaluddin
Advisor(s)
Surbakti, Medis Sejahtera
Metadata
Show full item recordAbstract
Informasi tentang perkiraan waktu perjalanan lalulintas sangat berguna bagi
para pengguna jalan karena pengguna jalan tersebut dapat memilih dan menentukan
waktu perjalanan terbaik yang akan dilaluinya pada rute yang telah
ditentukan/dilewati sebelum melakukan perjalanan. Untuk itu diperlukan suatu
ukuran waktu perjalanan yang dapat diandalkan/dipercaya agar para pengguna jalan
tersebut dapat sampai di tempat/tujuan perjalanannya dengan tepat waktu atau
dengan kata lain, perjalanannya tidak mengalami keterlambatan.
Perhitungan waktu perjalanan berdasarkan Keandalan Waktu Perjalanan
(Travel Time Reliability) memang masih jarang dibahas secara mendetail dalam
perkuliahan, namun teori ini dapat membantu dan memberikan informasi yang sangat
bermanfaat bagi para pengguna jalan, pengiriman barang ataupun untuk manajemen
sistem transportasi. Untuk mengaplikasikan teori ini, maka diadakan
penelitian/penelitian sederhana dimana daerah Perumnas Mandala digunakan sebagai
daerah penelitian. Tujuan akhir dari penelitian sederhana ini untuk mengembangkan
informasi tentang waktu perjalanan pada rute yang telah ditentukan yang
dikembangkan dengan menggunakan data waktu perjalanan/waktu perjalanan ratarata
secara waktu nyata. Beberapa hal yang diperlukan dalam perhitungan keandalan
waktu perjalanan ini adalah waktu perjalanan, 95th waktu perjalanan, waktu rata-rata
perjalanan (average travel time) dan waktu tambahan (buffer time).
Dari 120 responden pelaku perjalanan dari Perumnas Mandala menuju pusat
kota (lapangan Merdeka Medan) diperoeh 3 rute yang paling umum digunakan yaitu
masing- masing rute I 15.8%, rute II 12.5% dan rute III 11.6% dan di dalam
perhitungan keandalan waktu perjalanan yang didapat di lapangan, diperoleh batas
keandalan waktu perjalanan (Travel Time Reliability) sebesar 36.6 menit pada rute I,
39.09 menit rute II dan 40.8 menit pada rute III. Jika dibandingkan terhadap 48
(empat puluh delapan) responden yang memilih ke tiga rute tersebut, terdapat
(26.5%) responden yang memiliki perkiraan waktu yang dikatakan tidak andal
berdasarkan teori Keandalan Waktu Perjalanan, selebihnya untuk 74.5% responden
lainnya masih memiliki perkiraan waktu yang bisa dikatakan andal.
Collections
- Undergraduate Theses [1480]