Analisis Pengaruh Kompetensi Pegawai di Bidang Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Pelayanan Teknologi Informasi di PT Perkebunan Nusantara III (Persero)
View/ Open
Date
2016Author
Isnandar, Isnandar
Advisor(s)
Nasution, Harmein
Sitompul, Opim Salim
Metadata
Show full item recordAbstract
Masalah dalam penelitian ini yakni terjadi penurunan kualitas layanan
yang diberikan setiap tahun, sejak tahun 2008 sesuai perkembangan pengguna dan
pertarnbahan perangkat setiap tahunnya. Waktu perbaikan t omp:uter dan
downtime jaringan semakin lama dibanding tahun sebelurnnya. Hal inilah yang
rnenjadi perhatian dari rnanajemen untuk mencari solusi, dimana jika hal ini iidal
segera diatasi dapat rnengakibatkan terjadinya lagging of availahility dari
inforrnasi yang dibutuhkan setiap unit pengguna teknologi informasinya. Kondisi
yang tidak sesuai harapan ini salah satunya diduga disebabkan oleh kompetensi
karyawan di bagian TI.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang
menyebabkan terjadinya penurunan kineda pelayanan Bagian TI dilihat dari aspek
kompetensi karyawan di PTPN III. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh
karyawan bagian TI di PTPN III.
Dengan menggunakan analisis regresri berganda, disimpulkan bahwa
kompetensi pegawai bagian IT di PTPN III (Persero) 45,2%o dipengaruhi oleh
Kompetensi Intelektual, Kompetensi Emosional dan Kompetensi Sosial,
sedangkan sisanya yakni 54,8o/o dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti
pada penelitian ini. Kompetensi Emosional merupakan kompetensi karyawan
bagian TI yang paling dominan rnempengaruhi kualitas pelayanan dibanding
kualitas intelektual.
Collections
- Master Theses [1169]