| dc.contributor.advisor | Muis, Zulkarnain Abdul | |
| dc.contributor.author | Sari, Monica | |
| dc.date.accessioned | 2023-01-17T03:03:36Z | |
| dc.date.available | 2023-01-17T03:03:36Z | |
| dc.date.issued | 2016 | |
| dc.identifier.uri | https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/80608 | |
| dc.description.abstract | Terdapat beberapa metode perkerasan kaku untuk perencanaan perkerasan lapangan terbang. Beberapa diantaranya adalah : PCA (Portland Cement Association) dan FAA (Federal Aviation Administration). Kedua metode tersebut memiliki perbedaan dalam memperhitungkan perkeraaasan. Metode PCA memperhitungakan kerusakan terbesar akibat jalur lintasan roda dari masing-masing pesawat. Metode FAA dengan kurva mengkonversikan beban dari masing-masing pesawat terhadap pesawat udara desain dan dengan program metode FAA memperhitungkan kerusakan akibat lalulintas keberangkatan langsung dari masing-masing pesawat.
Studi ini dimaksudkan untuk mengkaji perencanaan perkerasan kaku serta mengaplikasikan kedalam perhitungan tebal perkerasan kaku yang didasarkan pada kedua metode, FAA dan PCA. Untuk itu digunakan contoh data pergerakan pesawat udara dan data struktur perkerasan untuk apron kargo di Bandar Udara Kualanamu International Airport, Sumatera Utara. Perhitungan yang dilakukan tidak untuk mendesain ulang atau mengevaluasi
Proses desain untuk metode PCA dilakukan dengan program AIRPAVE 11 dan untuk metode FAA dilakukan dengan program FAARFIELD dengan kombinasi nilai k yaitu, 140, 200, 250, dan 300. Dan perencanaan perkerasan kaku dengan metode PCA menghasilkan tebal perkerasan beton rata-rata 3 inci lebih besar dibandingkan dengan menggunakan metode FAA. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
| dc.subject | Metode Perencanaan Perkerasan Kaku | en_US |
| dc.subject | Metode FAA | en_US |
| dc.subject | Metode PCA | en_US |
| dc.subject | Program AIRPAVE 11 | en_US |
| dc.subject | Program FARRFIELD | en_US |
| dc.title | Studi Perbandingan Metode Perencanaan Perkerasan Kaku untuk Lapangan Terbang | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| dc.identifier.nim | NIM100404114 | |
| dc.identifier.nidn | NIDN0026035605 | |
| dc.identifier.kodeprodi | KODEPRODI22201#Teknik Sipil | |
| dc.description.pages | 132 Halaman | en_US |
| dc.description.type | Skripsi Sarjana | en_US |