• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Engineering
    • Department of Industrial Engineering
    • Master Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Engineering
    • Department of Industrial Engineering
    • Master Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Pengembangan Pasar Jasa Pelatihan pada Pusat Pengembangan Penataran Guru Teknologi Medan

    View/Open
    Fulltext (3.215Mb)
    Date
    2006
    Author
    Sinurat, Sahat
    Advisor(s)
    Zen, Zahari
    Pujangkoro, Sugih Arto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sahat Sinurat, 2005. Strategi Pengembangan Pasar Jasa Pelatihan Pada Pusat Pengembangan Penataran Guru Teknologi Medan, di bawah bimbingan Bapak Ir. Zahari. Zein. MSc Ph.D (ketua) dan Ir. Sugih Arto Pujangkoro, MM (anggota). Unit Produksi dan Hubu.ngan Jndustri adalah salah satu unit kerja pada sub Penataran Guru Teknologi Medan. Melalui inilah dilakukan strategi untuk pengembangan pasar jasa pelatihan. Peserta diklat dilingkungan PPPGTM tahun 2002 sebanyak 285 orang dan tahun 2003 meningkat menjadi 320 orang dan tahun 2004 sebanyak 484 orang, namun peningkatan tersebut bukan karena peningkatan peserta yang dibiayai oleh swasta, melain.kan karena peningkatan pembiayaan pemerintah. Penarikan sampel peserta diklat tahun 2004 adalah totaling sample, sebanyak 125 orang, dan sebanyak 10 % (20 sampel) berasal dari PT Astra , sebanyak 10 % (10 sampel) berasal dari Pf KIM, dan 20 Staff PPPGTM. Hasil penelitian Strategi pemasaran Unit Pelayanan Hubungan Jndustri Pusat Pengembangan Penataran Guru Teknologi Medan (PPPGTM) masih memerlukan perbaikan dalam promosi, pengembangan pasar, serta sumberdaya penjual yang minim. Urutan strategi pasar yang dibutuhkan dimulai dari, penetapan (1) Marketing Vision, Mission and Objective; (2) Marketing Strategy Design yang terdiri dari market segmentation strategy, market targeting strategi, market position strategy; (3) Sale Programme yang terdiri dari: product strategy, price strategy, place strategy, promotion strategy, people and presentation strategy; (4) Strategy Plan and Financial Budget. Sarana dan prasarana pelatihan diklat mampu menopang pelaksanaan diklat, hal ditunjukkan lengkapnya sarana bangunan dan bengkel-bengkel, maupun laboratorium yang berhubungan dengan produk pelatihan. Tersedianya pangsa pasar yang sangat besar dari dunia usaha/industri-industri (162.184 orang) yang belum dikelola, keadaan ini menyebabkan minimnya peserta diklat yang dibiayai pihak swasta.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/81616
    Collections
    • Master Theses [185]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV