Show simple item record

dc.contributor.advisorZen, Zahari
dc.contributor.advisorPujangkoro, Sugih Arto
dc.contributor.authorSinurat, Sahat
dc.date.accessioned2023-02-10T06:26:37Z
dc.date.available2023-02-10T06:26:37Z
dc.date.issued2006
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/81616
dc.description.abstractSahat Sinurat, 2005. Strategi Pengembangan Pasar Jasa Pelatihan Pada Pusat Pengembangan Penataran Guru Teknologi Medan, di bawah bimbingan Bapak Ir. Zahari. Zein. MSc Ph.D (ketua) dan Ir. Sugih Arto Pujangkoro, MM (anggota). Unit Produksi dan Hubu.ngan Jndustri adalah salah satu unit kerja pada sub Penataran Guru Teknologi Medan. Melalui inilah dilakukan strategi untuk pengembangan pasar jasa pelatihan. Peserta diklat dilingkungan PPPGTM tahun 2002 sebanyak 285 orang dan tahun 2003 meningkat menjadi 320 orang dan tahun 2004 sebanyak 484 orang, namun peningkatan tersebut bukan karena peningkatan peserta yang dibiayai oleh swasta, melain.kan karena peningkatan pembiayaan pemerintah. Penarikan sampel peserta diklat tahun 2004 adalah totaling sample, sebanyak 125 orang, dan sebanyak 10 % (20 sampel) berasal dari PT Astra , sebanyak 10 % (10 sampel) berasal dari Pf KIM, dan 20 Staff PPPGTM. Hasil penelitian Strategi pemasaran Unit Pelayanan Hubungan Jndustri Pusat Pengembangan Penataran Guru Teknologi Medan (PPPGTM) masih memerlukan perbaikan dalam promosi, pengembangan pasar, serta sumberdaya penjual yang minim. Urutan strategi pasar yang dibutuhkan dimulai dari, penetapan (1) Marketing Vision, Mission and Objective; (2) Marketing Strategy Design yang terdiri dari market segmentation strategy, market targeting strategi, market position strategy; (3) Sale Programme yang terdiri dari: product strategy, price strategy, place strategy, promotion strategy, people and presentation strategy; (4) Strategy Plan and Financial Budget. Sarana dan prasarana pelatihan diklat mampu menopang pelaksanaan diklat, hal ditunjukkan lengkapnya sarana bangunan dan bengkel-bengkel, maupun laboratorium yang berhubungan dengan produk pelatihan. Tersedianya pangsa pasar yang sangat besar dari dunia usaha/industri-industri (162.184 orang) yang belum dikelola, keadaan ini menyebabkan minimnya peserta diklat yang dibiayai pihak swasta.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectStrategien_US
dc.subjectPemasaranen_US
dc.subjectJasa Diklaten_US
dc.titleStrategi Pengembangan Pasar Jasa Pelatihan pada Pusat Pengembangan Penataran Guru Teknologi Medanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM037025019
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI26101#Teknik Industri
dc.description.pages113 Halamanen_US
dc.description.typeTesis Magisteren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record