dc.contributor.advisor | Zulkarnain, Sumantri | |
dc.contributor.author | Mardika, Nanda | |
dc.date.accessioned | 2023-02-17T06:51:02Z | |
dc.date.available | 2023-02-17T06:51:02Z | |
dc.date.issued | 2008 | |
dc.identifier.uri | https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/81960 | |
dc.description.abstract | Motor adalah mesin yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanis. Pada penggunaannya motor yang dipilih harus sesuai dengan kebutuhan, sehingga ekonomis dan efisien. Untuk itu perlu diketahui karakteristik dari motor- motor listrik, salah satu tipe motor adalah motor arus searah penguatan shunt. Pada saat motor jalan dalam keadaan berbeban akan timbul reaksi jangkar yang dapat melemahkan fluksi awal sehingga karakteristik mekanik motor berubah. Untuk mengatasi reaksi jangkar ada tiga pendekatan yang dapat dilakukan. Yaitu pergeseran sikat secara terus menerus (tidak dilaksanakan), penggunaan kutub bantu atau interpole, dan yang ketiga dengan belitan kompensasi. Dalam tugas akhir ini akan dibahas cara pendekatan kedua yaitu pengaruh penggunaan kutub bantu atau interpole terhadap karakteristik torsi beban motor arus searah penguatan shunt,khususnya karakteristik putaran-torsi. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
dc.title | Analisa Karakteristik Putaran-Torsi Motor Arus Searah Penguatan Shunt Berkutub Bantu (Aplikasi pada Laboratorium Konversi Energi Listrik) | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nim | NIM030402055 | |
dc.identifier.nidn | NIDN0003054704 | |
dc.identifier.kodeprodi | KODEPRODI20201#Teknik Elektro | |
dc.description.pages | 69 Halaman | en_US |
dc.description.type | Skripsi Sarjana | en_US |