Show simple item record

dc.contributor.advisorZulkarnain, Sumantri
dc.contributor.authorMardika, Nanda
dc.date.accessioned2023-02-17T06:51:02Z
dc.date.available2023-02-17T06:51:02Z
dc.date.issued2008
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/81960
dc.description.abstractMotor adalah mesin yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanis. Pada penggunaannya motor yang dipilih harus sesuai dengan kebutuhan, sehingga ekonomis dan efisien. Untuk itu perlu diketahui karakteristik dari motor- motor listrik, salah satu tipe motor adalah motor arus searah penguatan shunt. Pada saat motor jalan dalam keadaan berbeban akan timbul reaksi jangkar yang dapat melemahkan fluksi awal sehingga karakteristik mekanik motor berubah. Untuk mengatasi reaksi jangkar ada tiga pendekatan yang dapat dilakukan. Yaitu pergeseran sikat secara terus menerus (tidak dilaksanakan), penggunaan kutub bantu atau interpole, dan yang ketiga dengan belitan kompensasi. Dalam tugas akhir ini akan dibahas cara pendekatan kedua yaitu pengaruh penggunaan kutub bantu atau interpole terhadap karakteristik torsi beban motor arus searah penguatan shunt,khususnya karakteristik putaran-torsi.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.titleAnalisa Karakteristik Putaran-Torsi Motor Arus Searah Penguatan Shunt Berkutub Bantu (Aplikasi pada Laboratorium Konversi Energi Listrik)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM030402055
dc.identifier.nidnNIDN0003054704
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI20201#Teknik Elektro
dc.description.pages69 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record