• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Psychology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Psychology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Impulsive Buying terhadap Post-Purchase Regret Pada E-Commerce Shopee

    View/Open
    Fulltext (1.126Mb)
    Date
    2022
    Author
    Gohan, Stefanie
    Advisor(s)
    Zulkarnain
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan teknologi yang berkembang pesat di berbagai bidang membuat perdagangan elektronik menjadi lebih maju. Berbagai jenis transaksi dapat dilakukan melalui internet namun yang paling diminati merupakan e-commerce. Persaingan antar e-commerce menghasilkan beragam promosi yang menarik konsumen berbelanja di e-commerce tersebut, karena promosi tersebut konsumen melakukan impulsive buying. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh impulsive buying terhadap post-purchase regret di e-commerce Shopee. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran google form kepada 287 orang. Metode pengumpulan data yang dilakukan menggunakan skala likert yang terdiri dari skala impulsive buying dan skala post-purchase regret. Impulsive buying berpengaruh positif terhadap post-purchase regret. Regresi linear sederhana pada penelitian ini menghasilkan persamaan Y = 1.761 + 0.498 X jika impulsive buying mengalami perubahan satu satuan skor maka post-purchase regret juga meningkat sebesar 0.498. Koefisien regresi bernilai positif artinya semakin kuat impulsive buying maka semakin kuat post-purchase regret pada seseorang yang berbelanja melalui Shopee. Impulsive buying berpengaruh sebesar 16.4% terhadap post-purchase regret. Hasil ini menunjukkan bahwa semakin sering impulsive buying terjadi pada individu maka semakin sering post-purchase regret dalam diri seseorang ketika melakukan pembelian di Shopee. Implikasi dari penelitian ini adalah memperluas informasi mengenai pengaruh impulsive buying terhadap post-purchase regret ketika konsumen berbelanja pada e-commerce Shopee.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/82741
    Collections
    • Undergraduate Theses [1360]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV