Pengukuran Performansi Kualitas Pelayanan Kartu GSM Mentari dengan Analitical Hierarchy Process (AHP) di PT. Indosat Regional Office
View/ Open
Date
2007Author
Dasuki, M. Heru Bambang G
Advisor(s)
Matondang, Abdul Rahim
Ishak, Aulia
Metadata
Show full item recordAbstract
PT. Indonesia Satellite Coorporation (Indosat) adalah perusahaan penyelenggara jasa Telekomunikasi Internasional terkemuka di Indonesia. Pada saat sekarang ini sudah berbagai macam produk bisnis selular telah dikembangkan dan berbagai inovasi baru diwujudkan disetiap program kerjanya yang kesemuanya diperuntukkan untuk melayani kepuasan pelanggannya.. Salah satu produknya adalah Kartu GSM Mentari. Namun, dikarenakan pada saat ini telah banyak operator telekomunikasi selular yang berkembang dengan bentuk bisnis yang sama sehingga meningkatkan persaingan diantara berbagai merek kartu gsm yang ada sekarang ini, maka sangatlah penting bagi setiap perusahaan untuk mengetahui dimana posisinya sekarang ini, sehingga dapat diketahui tingkat keunggulan dan kelemahan yang dimilikinya dibandingkan pesaing yang ada. Berdasarkan hal tersebut diatas, saya mengangkat judul Pengukuran Performansi Kualitas pelayanan dengan objek penelitian adalah kartu GSM Mentari dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar persepsi kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan bila dibandingkan dengan produk dari operator telekomunikasi lainnya. Analisa penelitian ini didapatkan dengan metode Analytical Hierarki Procces (AHP) dengan cara melakukan kuisioner kepada konsumen. Hasil akhir pada penelitian ini didapatkan Peringkat Bobot Pemilihan Alternatif Kuisioner dimana Kartu Mentari menduduki peringkat ke-2 dengan total bobot 0.19 atau sebesar 19 % yang artinya jasa ini nantinya mungkin akan dipilih oleh konsumen. Kartu Simpati berada pada posisi ke-1 sebesar 64 % yang artinya jasa ini nantinya akan dipilih oleh responden dan kartu Bebas berada pada peringkat ke-3 sebesar 17 % artinya responden ragu untuk memilih jasa ini. Dari hasil analisa Besar Prioritas Elemen dan Unsur Berdasarkan Persepsi Responden diperoleh Elemen Jaringan sebesar 51.6% dan unsur Kuat Sinyal dengan bobot level sebesar 22.24 %.Bahwa perlu dilakukan beberapa inovasi baru oleh PT. Indosat untuk meningkatkan Kualitas pelayanan kepada konsumen agar kartu GSM Mentari menjadi suatu produk pilihan pertama konsumen.
Collections
- Undergraduate Theses [1456]