Perancangan Sistem Pendukung Keputusan untuk Mengoptimalkan Kepuasan Konsumen berdasarkan Metode QFD-ANP
View/ Open
Date
2014Author
Wijaya, Robin
Advisor(s)
Ginting, Rosnani
Siregar, Ikhsan
Metadata
Show full item recordAbstract
PT. Inti Jaya Logam merupakan perusahaan manufaktur yang menghasilkan produk suku cadang (spare parts) boiler, seperti bushing cast iron, impeller, fire grate, baffle plate, hanger bushing dan cast bronze. Permasalahan yang dialami PT. Inti Jaya Logam adalah kurangnya kemampuan untuk memenuhi setiap apa yang menjadi keinginan konsumen, mulai dari bentuk, karakteristik bahkan spesifikasi yang diinginkan oleh konsumen sehingga dari permasalahan ini menyebabkan turunnya jumlah permintaan. Penelitian ini bertujuan untuk membantu perusahaan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan memenuhi setiap apa yang menjadi keinginan konsumen, mulai dari bentuk, karakteristik bahkan spesifikasi yang diinginkan oleh konsumen dengan metode Quality Function Deployment (QFD) adalah suatu alat berorientasi pasar yang digunakan untuk menterjemahkan keinginan konsumen ke dalam bentuk karakteristik teknis sehingga dihasilkan produk yang diinginkan konsumen dengan biaya serendah mungkin. QFD mempunyai sifat subjektifitas peneliti yang tinggi sehingga tidak jarang hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan yang diharapkan, sehingga diintegrasikan dengan Analytic Networking Process (ANP) sebagai teknik untuk memecahkan masalah multi kriteria dalam pengambilan keputusan di mana kriteria mempengaruhi satu sama lain dan memiliki korelasi nonlinier. Integrasi kedua metode tersebut dapat disempurnakan dengan pengembangan sistem SADT (Structured Analysis Design Technique), sehingga terbentuk suatu aplikasi rancangan sistem pendukung keputusan dalam mengidentifikasi apa yang menjadi keinginan konsumen, mulai dari bentuk, karakteristik bahkan spesifikasi yang diinginkan oleh konsumen.
Collections
- Undergraduate Theses [1456]