Show simple item record

dc.contributor.advisorSugiharto
dc.contributor.advisorIshak, Aulia
dc.contributor.authorPasaribu, Rabiatul Adawiyah
dc.date.accessioned2023-03-17T03:59:36Z
dc.date.available2023-03-17T03:59:36Z
dc.date.issued2013
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/83136
dc.description.abstractRumah sakit merupakan salah satu industri jasa yang bergerak dalam pelayanan kesehatan. Rumah sakit sebagai pusat pengobatan, merupakan tempat terjadi proses pelayanan kesehatan bagi masyarakat, mulai dari diagnosa, perawatan, dan sampai pada rehabilitasi, sehingga rumah sakit mempunyai peranan yang sangat penting dalam pemeliharaan kesehatan pasiennya (pelanggan). R.S Bina Kasih merupakan salah satu penyedia pelayanan kesehatan yang berada di daerah Sunggal. Dalam hal ini beberapa permasalahan berkaitan dengan kualitas layanan seperti waktu tanggap dokter yang lambat, kurang inisiatif dalam membantu pasien, kerjasama , pelayanan yang kurang akurat dan tidak sesuai standar, sikap, perilaku dan keramahan pihak rumah sakit, jam pelayanan yang tidak sesuai dengan yang ditentukan dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan solusi ideal terhadap peningkatan kualitas layanan berdasarkan penilaian dimensi kualitas layanan internal. Metode dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode AHP-TOPSIS yang akan menentukan prioritas kualitas layanan. Dimana metode AHP digunakan untuk mendapatkan bobot setiap kriteria yang tersedia dan bobot tersebut digunakan dalam metode TOPSIS untuk mendapatkan nilai preferensi setiap alternatif unit layanan sehingga diperoleh kualitas layanan terbaik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 12 kriteria dengan nilai preferensi kualitas layanan yang paling tinggi adalah Unit Gawat Darurat yaitu 0,60000. Hal ini menunjukkan bahwa Unit Gawat Darurat berada pada urutan paling utama sehingga menjadi kualitas layanan terbaik yang diprioritaskan dalam pemenuhan kualitas layanan di Rumah Sakit Bina Kasihen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectKualitas Layananen_US
dc.subjectTOPSISen_US
dc.subjectAHPen_US
dc.titleStudi Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Metode Technique For Order Preference by Similarity To Ideal Solution (TOPSIS) untuk Peningkatan Kualitas Layanan di Rumah Sakit Bina Kasih Medan-Sunggalen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM080403119
dc.identifier.nidnNIDN0020035405
dc.identifier.nidnNIDN0020116702
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI26201#Teknik Industri
dc.description.pages148 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record