Aplikasi Kansei Engineering dan Quality Function Deployment (QFD) Serta Teoriya Resheniya Izobretatelskikh Zadatch (TRIZ) untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Rumah Sakit pada Instalasi Hemodialisis
View/ Open
Date
2014Author
Hasibuan, Musthofa Wirawan
Advisor(s)
Ginting, Rosnani
Siregar, Ikhsan
Metadata
Show full item recordAbstract
Peningkatan taraf kesehatan masyarakat didukung dengan peningkatan mutu
pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan seperti rumah sakit melakukan
pembenahan secara terus menerus untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan
dikarenakan mutu pelayanan menjadi tolok ukur bagi pasien untuk memilih rumah
sakit yang melayaninya. Pelayanan hemodialisa sebagai salah satu bentuk
pelayanan yang menjadi rutinitas bagi pasien penderita penyakit gagal ginjal
menjadi pemilihan yang penting bagi pasien. Penelitian bertujuan untuk
meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dengan mengidentifikasi atribut
pelayanan pada instalasi hemodialisis yang selanjutnya akan memilih prioritas
karakteristik pelayanan tersebut untuk ditingkatkan. Penelitian diawali dengan
mengidentifikasi kebutuhan emosional pasien penderita penyakit ginjal dengan
menggunakan Kansei Engineering. Berdasarkan metode ini, diperoleh bahwa
suasana bersahabat dari dokter dan perawat menjadi indikator emosional yang
dibutuhkan oleh pasien. Langkah berikutnya adalah menentukan prioritas
perbaikan dengan menggunakan QFD. QFD menghasilkan prioritas karakteristik
pelayanan yang dikaitkan dengan 8 atribut pelayanan dan diperoleh bahwa
komunikasi dengan pasien perlu menjadi prioritas. TRIZ digunakan untuk
memperoleh solusi perbaikan yang inovatif yaitu dengan menyediakan ruangan
khusus perbaikan mesin hemodialisis beserta suku cadang mesin.
Collections
- Undergraduate Theses [1456]