Show simple item record

dc.contributor.advisorGinting, Rosnani
dc.contributor.advisorSiregar, Ikhsan
dc.contributor.authorHasibuan, Musthofa Wirawan
dc.date.accessioned2023-03-20T04:38:41Z
dc.date.available2023-03-20T04:38:41Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/83202
dc.description.abstractPeningkatan taraf kesehatan masyarakat didukung dengan peningkatan mutu pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan seperti rumah sakit melakukan pembenahan secara terus menerus untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dikarenakan mutu pelayanan menjadi tolok ukur bagi pasien untuk memilih rumah sakit yang melayaninya. Pelayanan hemodialisa sebagai salah satu bentuk pelayanan yang menjadi rutinitas bagi pasien penderita penyakit gagal ginjal menjadi pemilihan yang penting bagi pasien. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dengan mengidentifikasi atribut pelayanan pada instalasi hemodialisis yang selanjutnya akan memilih prioritas karakteristik pelayanan tersebut untuk ditingkatkan. Penelitian diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan emosional pasien penderita penyakit ginjal dengan menggunakan Kansei Engineering. Berdasarkan metode ini, diperoleh bahwa suasana bersahabat dari dokter dan perawat menjadi indikator emosional yang dibutuhkan oleh pasien. Langkah berikutnya adalah menentukan prioritas perbaikan dengan menggunakan QFD. QFD menghasilkan prioritas karakteristik pelayanan yang dikaitkan dengan 8 atribut pelayanan dan diperoleh bahwa komunikasi dengan pasien perlu menjadi prioritas. TRIZ digunakan untuk memperoleh solusi perbaikan yang inovatif yaitu dengan menyediakan ruangan khusus perbaikan mesin hemodialisis beserta suku cadang mesin.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectKansei Engineeringen_US
dc.subjectQFDen_US
dc.subjectTRIZen_US
dc.subjectInstalasi Hemodialisisen_US
dc.subjectKualitas Pelayananen_US
dc.titleAplikasi Kansei Engineering dan Quality Function Deployment (QFD) Serta Teoriya Resheniya Izobretatelskikh Zadatch (TRIZ) untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Rumah Sakit pada Instalasi Hemodialisisen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM090403050
dc.identifier.nidnNIDN0021026303
dc.identifier.nidnNIDN0010068001
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI26201#Teknik Industri
dc.description.pages69 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record