• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Engineering
    • Department of Industrial Engineering
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Engineering
    • Department of Industrial Engineering
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Peta Positioning Produk Kartu GSM di Kalangan Mahasiswa USU dengan Metode Attribute Rating dan Correspondence Analysis

    View/Open
    Fulltext (620.6Kb)
    Date
    2011
    Author
    Chandra, Erwin
    Advisor(s)
    Sugiharto
    Buchari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Setiap perusahaan yang didirikan senantiasa diarahkan untuk memposisikan produknya dengan baik agar lebih dikenal oleh konsumen dan mampu bersaing secara sehat di pasaran. Penggambaran posisi suatu produk yang dihasilkan perusahaan dapat dilakukan dengan mengamati persepsi yang timbul dari benak konsumen. Persepsi konsumen merupakan pandangan konsumen terhadap suatu produk yang berada di pasaran. Dalam penelitian ini yang dibahas adalah produk kartu GSM. Dengan semakin banyaknya perusahaan baru serta persaingan yang semakin ketat diantara berbagai merek kartu GSM yang ada sekarang, maka sangat penting bagi setiap perusahaan untuk mengetahui dimana posisinya sekarang, sehingga perusahaan tersebut dapat mengetahui keunggulan dan kelemahan yang dimiliki dibandingkan dengan pesaingnya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tingkat kepentingan atribut-atribut kartu GSM yang menjadi pertimbangan dalam keputusan pembelian konsumen serta persepsi kinerja atribut merek-merek kartu GSM yang diteliti dan membandingkan kinerja antara merek yang diteliti, (2) untuk menganalisis positioning merek-merek kartu GSM yang diteliti berdasarkan persepsi konsumen yang digambarkan dalam perceptual map dan melakukan evaluasi terhadap positioning setiap merek kartu GSM yang menjadi objek penelitian. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa pengguna kartu GSM di Universitas Sumatera Utara (USU). Penentuan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang responden. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka digunakan alat analisis Attribute Rating (AR) untuk mengidentifikasi persepsi kinerja atribut-atribut merek kartu GSM yang diteliti dan alat analisis Correspondence Analysis (CA) untuk melihat kesamaan karakter antar beberapa objek serta kesamaan karakter suatu variabel/atribut terhadap suatu objek. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa atribut kartu GSM yang menjadi pertimbangan paling penting dalam keputusan pembelian adalah sinyal jaringan. Berdasarkan analisis AR, kartu GSM merek SimPATI lebih unggul dari kedua pesaingnya yakni Kartu AS dan XL karena memiliki peringkat kinerja tertinggi untuk tiga atribut dari lima aribut yang diteliti yakni harga beli kartu, sinyal jaringan, dan layanan operator (service centre). Kartu AS memiliki keunggulan pada atribut isi ulang pulsa yang mudah dan bervariasi, sedangkan kartu XL dinilai memiliki keunggulan pada atribut tarif bicara dan SMS. Berdasarkan analisis CA, merek SimPATI identik dengan atribut harga beli kartu, merek AS identik dengan isi ulang pulsa, sedangkan merek XL diasosiasikan identik dengan tarif bicara dan SMS. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa setiap perusahaan kartu GSM harus lebih memperhatikan sinyal jaringan yang menjadi prioritas konsumen dalam membeli produknya. Hal ini harus lebih diperhatikan karena konsumen saat ini lebih sensitif dengan kelancaran sinyal jaringan ketika menggunakannya seperti pada saat percakapan ponsel, mengirim sms, video call, dlsb. Selain itu, khusus untuk merek SimPATI dan AS, meskipun keduanya berasal dari satu perusahaan yang sama yaitu Telkomsel, namun masing-masing merek memiliki keunggulan (positioning) yang berbeda.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/83340
    Collections
    • Undergraduate Theses [1597]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV