Show simple item record

dc.contributor.advisorSugiharto
dc.contributor.advisorBuchari
dc.contributor.authorChandra, Erwin
dc.date.accessioned2023-03-21T16:19:44Z
dc.date.available2023-03-21T16:19:44Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/83340
dc.description.abstractSetiap perusahaan yang didirikan senantiasa diarahkan untuk memposisikan produknya dengan baik agar lebih dikenal oleh konsumen dan mampu bersaing secara sehat di pasaran. Penggambaran posisi suatu produk yang dihasilkan perusahaan dapat dilakukan dengan mengamati persepsi yang timbul dari benak konsumen. Persepsi konsumen merupakan pandangan konsumen terhadap suatu produk yang berada di pasaran. Dalam penelitian ini yang dibahas adalah produk kartu GSM. Dengan semakin banyaknya perusahaan baru serta persaingan yang semakin ketat diantara berbagai merek kartu GSM yang ada sekarang, maka sangat penting bagi setiap perusahaan untuk mengetahui dimana posisinya sekarang, sehingga perusahaan tersebut dapat mengetahui keunggulan dan kelemahan yang dimiliki dibandingkan dengan pesaingnya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tingkat kepentingan atribut-atribut kartu GSM yang menjadi pertimbangan dalam keputusan pembelian konsumen serta persepsi kinerja atribut merek-merek kartu GSM yang diteliti dan membandingkan kinerja antara merek yang diteliti, (2) untuk menganalisis positioning merek-merek kartu GSM yang diteliti berdasarkan persepsi konsumen yang digambarkan dalam perceptual map dan melakukan evaluasi terhadap positioning setiap merek kartu GSM yang menjadi objek penelitian. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa pengguna kartu GSM di Universitas Sumatera Utara (USU). Penentuan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang responden. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka digunakan alat analisis Attribute Rating (AR) untuk mengidentifikasi persepsi kinerja atribut-atribut merek kartu GSM yang diteliti dan alat analisis Correspondence Analysis (CA) untuk melihat kesamaan karakter antar beberapa objek serta kesamaan karakter suatu variabel/atribut terhadap suatu objek. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa atribut kartu GSM yang menjadi pertimbangan paling penting dalam keputusan pembelian adalah sinyal jaringan. Berdasarkan analisis AR, kartu GSM merek SimPATI lebih unggul dari kedua pesaingnya yakni Kartu AS dan XL karena memiliki peringkat kinerja tertinggi untuk tiga atribut dari lima aribut yang diteliti yakni harga beli kartu, sinyal jaringan, dan layanan operator (service centre). Kartu AS memiliki keunggulan pada atribut isi ulang pulsa yang mudah dan bervariasi, sedangkan kartu XL dinilai memiliki keunggulan pada atribut tarif bicara dan SMS. Berdasarkan analisis CA, merek SimPATI identik dengan atribut harga beli kartu, merek AS identik dengan isi ulang pulsa, sedangkan merek XL diasosiasikan identik dengan tarif bicara dan SMS. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa setiap perusahaan kartu GSM harus lebih memperhatikan sinyal jaringan yang menjadi prioritas konsumen dalam membeli produknya. Hal ini harus lebih diperhatikan karena konsumen saat ini lebih sensitif dengan kelancaran sinyal jaringan ketika menggunakannya seperti pada saat percakapan ponsel, mengirim sms, video call, dlsb. Selain itu, khusus untuk merek SimPATI dan AS, meskipun keduanya berasal dari satu perusahaan yang sama yaitu Telkomsel, namun masing-masing merek memiliki keunggulan (positioning) yang berbeda.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectPositioningen_US
dc.subjectKartu GSMen_US
dc.titleAnalisis Peta Positioning Produk Kartu GSM di Kalangan Mahasiswa USU dengan Metode Attribute Rating dan Correspondence Analysisen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM060403087
dc.identifier.nidnNIDN0020035405
dc.identifier.nidnNIDN0010116705
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI26201#Teknik Industri
dc.description.pages73 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record