dc.description.abstract | Setiap perusahaan yang didirikan senantiasa diarahkan untuk
memposisikan produknya dengan baik agar lebih dikenal oleh konsumen dan
mampu bersaing secara sehat di pasaran. Penggambaran posisi suatu produk yang
dihasilkan perusahaan dapat dilakukan dengan mengamati persepsi yang timbul
dari benak konsumen. Persepsi konsumen merupakan pandangan konsumen
terhadap suatu produk yang berada di pasaran. Dalam penelitian ini yang dibahas
adalah produk kartu GSM. Dengan semakin banyaknya perusahaan baru serta
persaingan yang semakin ketat diantara berbagai merek kartu GSM yang ada
sekarang, maka sangat penting bagi setiap perusahaan untuk mengetahui dimana
posisinya sekarang, sehingga perusahaan tersebut dapat mengetahui keunggulan
dan kelemahan yang dimiliki dibandingkan dengan pesaingnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tingkat kepentingan
atribut-atribut kartu GSM yang menjadi pertimbangan dalam keputusan
pembelian konsumen serta persepsi kinerja atribut merek-merek kartu GSM yang
diteliti dan membandingkan kinerja antara merek yang diteliti, (2) untuk
menganalisis positioning merek-merek kartu GSM yang diteliti berdasarkan
persepsi konsumen yang digambarkan dalam perceptual map dan melakukan
evaluasi terhadap positioning setiap merek kartu GSM yang menjadi objek
penelitian.
Populasi penelitian ini adalah mahasiswa pengguna kartu GSM di
Universitas Sumatera Utara (USU). Penentuan sampel dilakukan dengan teknik
accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang responden. Untuk
mendapatkan hasil yang maksimal maka digunakan alat analisis Attribute Rating
(AR) untuk mengidentifikasi persepsi kinerja atribut-atribut merek kartu GSM
yang diteliti dan alat analisis Correspondence Analysis (CA) untuk melihat
kesamaan karakter antar beberapa objek serta kesamaan karakter suatu
variabel/atribut terhadap suatu objek.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa atribut kartu GSM yang
menjadi pertimbangan paling penting dalam keputusan pembelian adalah sinyal
jaringan. Berdasarkan analisis AR, kartu GSM merek SimPATI lebih unggul dari
kedua pesaingnya yakni Kartu AS dan XL karena memiliki peringkat kinerja
tertinggi untuk tiga atribut dari lima aribut yang diteliti yakni harga beli kartu,
sinyal jaringan, dan layanan operator (service centre). Kartu AS memiliki
keunggulan pada atribut isi ulang pulsa yang mudah dan bervariasi, sedangkan
kartu XL dinilai memiliki keunggulan pada atribut tarif bicara dan SMS.
Berdasarkan analisis CA, merek SimPATI identik dengan atribut harga beli kartu,
merek AS identik dengan isi ulang pulsa, sedangkan merek XL diasosiasikan
identik dengan tarif bicara dan SMS. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan
bahwa setiap perusahaan kartu GSM harus lebih memperhatikan sinyal jaringan
yang menjadi prioritas konsumen dalam membeli produknya. Hal ini harus lebih
diperhatikan karena konsumen saat ini lebih sensitif dengan kelancaran sinyal
jaringan ketika menggunakannya seperti pada saat percakapan ponsel, mengirim
sms, video call, dlsb. Selain itu, khusus untuk merek SimPATI dan AS, meskipun
keduanya berasal dari satu perusahaan yang sama yaitu Telkomsel, namun
masing-masing merek memiliki keunggulan (positioning) yang berbeda. | en_US |