Aplikasi Quality Function Deployment (QFD) dan Teoriya Resheniya Izobretatelskikh Zadatch (Triz) untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Jasa Pendidikan (Studi Kasus SMP Swasta An-Nizam Medan)
View/ Open
Date
2012Author
Sulaiman, Fahmi
Advisor(s)
Matondang, Abdul Rahim
Ginting, Rosnani
Metadata
Show full item recordAbstract
Berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 047/U/2002 bahwa
dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional melalui upaya peningkatan
mutu, setiap kabupaten dan kota wajib melaksanakan Standar Pelayanan Minimal
Penyelenggaraan Persekolahan bidang pendidikan dasar dan menengah. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan siswa yang menginap
untuk memperbaiki dan menyusun prioritas perbaikan kualitas pelayanan yang
seharusnya diberikan oleh SMP Swasta An-Nizam Medan dengan menerapkan
metode Servqual untuk menentukan atribut kebutuhan siswa dan menghitung gap
(kesenjangan) antara pelayanan yang diberikan dengan harapan siswa, metode
Quality Function Deployment (QFD) untuk menerjemahkan kebutuhan siswa
menjadi apa yang harus dihasilkan oleh sekolah dan metode Teoriya Resheniya
Izobretatelskikh Zadatch (TRIZ) untuk memperbaiki respon teknis yang saling
berkontadiksi. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen
penelitian. Melalui hasil penyebaran kuesioner diketahui 19 variabel kebutuhan
yang dibutuhkan oleh siswa yang dikelompokkan berdasarkan 5 dimensi servqual.
Hasil perhitungan gap kinerja dan harapan menunjukkan bahwa pelayanan di
SMP Swasta An-Nizam Medan belum memuaskan siswanya karena rata-rata gap
score variabel kebutuhan yang dinilai memiliki nilai negative (-0,7579). Variabel
“Suasana kelas yang kondusif/Nyaman” memiliki nilai gap terbesar yakni -
1,6833. Dari pembentukan matriks House of Quality (HOQ) diketahui bahwa
variabel “Suasana kelas yang kondusif/Nyaman” menjadi prioritas pertama dalam
upaya perbaikan dengan nilai bobot relatif tertinggi yakni 8,1278%.. Sedangkan
untuk pengembangan karakteristik pelayanan, karakteristik “pengalokasian dana
yang tepat”menjadi prioritas pertama dalam upaya perbaikan karena memiliki
TKR terbesar yakni 4,5472 %.
Collections
- Undergraduate Theses [1454]