Analisis Peta Positioning Merek Handphone Qwerty di Kalangan Mahasiswa USU dengan Metode Attribute Rating dan Correspondence Analysis
View/ Open
Date
2010Author
Chandra, Erwin
Advisor(s)
Sugiharto
Buchari
Metadata
Show full item recordAbstract
Handphone merupakan salah satu dari perkembangan teknologi. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, fungsi handphone tidak hanya sebagai alat komunikasi biasa, tetapi juga dapat digunakan untuk mengakses internet, SMS, berfoto, dan juga saling mengirim data. Salah satu model handphone yang banyak digandrungi oleh semua kalangan saat ini adalah model handphone Qwerty. Penggunaan handphone jenis ini di kalangan mahasiswa juga semakin meluas. Hal ini diakibatkan oleh semakin meningkatnya kebutuhan pada mahasiswa terhadap kelancaran komunikasi yang menunjang kegiatan mahasiswa itu sendiri serta memperluas jaringan pertemanan dan bisnis yang bisa diakses melalui situs-situs jejaring sosial pada umumnya. Perkembangan model handphone ini menimbulkan persaingan yang sangat ketat karena setiap model yang ada terus mengeluarkan varian baru yang mempunyai atribut, kualitas, dan desain yang hampir sama namun harga yang berbeda.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tingkat kepentingan atribut-atribut handphone Qwerty yang menjadi pertimbangan dalam keputusan pembelian konsumen serta persepsi kinerja atribut merek-merek handphone Qwerty yang diteliti dan membandingkan kinerja antara merek yang diteliti, (2) untuk menganalisis positioning merek-merek handphone Qwerty yang diteliti berdasarkan persepsi konsumen yang digambarkan dalam perceptual map dan melakukan evaluasi terhadap positioning setiap merek handphone Qwerty yang menjadi objek penelitian.
Populasi penelitian ini adalah mahasiswa pengguna handphone Qwerty di Universitas Sumatera Utara (USU). Penentuan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 orang responden. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka digunakan alat analisis Attribute Rating (AR) untuk mengidentifikasi persepsi kinerja atribut-atribut merek handphone Qwerty yang diteliti dan alat analisis Correspondence Analysis (CA) untuk melihat kesamaan karakter antar beberapa objek serta kesamaan karakter suatu variabel/atribut terhadap suatu objek.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa atribut handphone Qwerty yang menjadi pertimbangan paling penting pada saat pembelian adalah kecepatan kinerja. Berdasarkan analisis AR, handphone Qwerty merek Nokia memiliki peringkat kinerja tertinggi untuk delapan atribut yang diteliti yakni harga beli, bentuk desain, biaya operasional dan perawatan, layanan purna jual, kecepatan kinerja, citra merek, daya tahan baterai, dan memiliki kualitas fitur tambahan paling baik diantara tiga merek yang diteliti. Merek Nexian memiliki peringkat kinerja atribut paling rendah. Merek Nexian dinilai memiliki harga beli dan biaya operasional dan perawatan yang paling murah. Berdasarkan analisis CA, merek Nokia identik dengan atribut biaya operasional dan perawatan, merek Samsung identik dengan atribut citra merek dan daya tahan baterai, sedangkan merek Nexian diasosiasikan identik dengan fitur tambahan.
Collections
- Undergraduate Theses [1454]