Show simple item record

dc.contributor.advisorSugiharto
dc.contributor.advisorBuchari
dc.contributor.authorChandra, Erwin
dc.date.accessioned2023-03-31T05:40:58Z
dc.date.available2023-03-31T05:40:58Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/83724
dc.description.abstractHandphone merupakan salah satu dari perkembangan teknologi. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, fungsi handphone tidak hanya sebagai alat komunikasi biasa, tetapi juga dapat digunakan untuk mengakses internet, SMS, berfoto, dan juga saling mengirim data. Salah satu model handphone yang banyak digandrungi oleh semua kalangan saat ini adalah model handphone Qwerty. Penggunaan handphone jenis ini di kalangan mahasiswa juga semakin meluas. Hal ini diakibatkan oleh semakin meningkatnya kebutuhan pada mahasiswa terhadap kelancaran komunikasi yang menunjang kegiatan mahasiswa itu sendiri serta memperluas jaringan pertemanan dan bisnis yang bisa diakses melalui situs-situs jejaring sosial pada umumnya. Perkembangan model handphone ini menimbulkan persaingan yang sangat ketat karena setiap model yang ada terus mengeluarkan varian baru yang mempunyai atribut, kualitas, dan desain yang hampir sama namun harga yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tingkat kepentingan atribut-atribut handphone Qwerty yang menjadi pertimbangan dalam keputusan pembelian konsumen serta persepsi kinerja atribut merek-merek handphone Qwerty yang diteliti dan membandingkan kinerja antara merek yang diteliti, (2) untuk menganalisis positioning merek-merek handphone Qwerty yang diteliti berdasarkan persepsi konsumen yang digambarkan dalam perceptual map dan melakukan evaluasi terhadap positioning setiap merek handphone Qwerty yang menjadi objek penelitian. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa pengguna handphone Qwerty di Universitas Sumatera Utara (USU). Penentuan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 orang responden. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka digunakan alat analisis Attribute Rating (AR) untuk mengidentifikasi persepsi kinerja atribut-atribut merek handphone Qwerty yang diteliti dan alat analisis Correspondence Analysis (CA) untuk melihat kesamaan karakter antar beberapa objek serta kesamaan karakter suatu variabel/atribut terhadap suatu objek. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa atribut handphone Qwerty yang menjadi pertimbangan paling penting pada saat pembelian adalah kecepatan kinerja. Berdasarkan analisis AR, handphone Qwerty merek Nokia memiliki peringkat kinerja tertinggi untuk delapan atribut yang diteliti yakni harga beli, bentuk desain, biaya operasional dan perawatan, layanan purna jual, kecepatan kinerja, citra merek, daya tahan baterai, dan memiliki kualitas fitur tambahan paling baik diantara tiga merek yang diteliti. Merek Nexian memiliki peringkat kinerja atribut paling rendah. Merek Nexian dinilai memiliki harga beli dan biaya operasional dan perawatan yang paling murah. Berdasarkan analisis CA, merek Nokia identik dengan atribut biaya operasional dan perawatan, merek Samsung identik dengan atribut citra merek dan daya tahan baterai, sedangkan merek Nexian diasosiasikan identik dengan fitur tambahan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectPositioningen_US
dc.subjectHandphone Qwertyen_US
dc.titleAnalisis Peta Positioning Merek Handphone Qwerty di Kalangan Mahasiswa USU dengan Metode Attribute Rating dan Correspondence Analysisen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM060403087
dc.identifier.nidnNIDN0020035405
dc.identifier.nidnNIDN0010116705
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI26201#Teknik Industri
dc.description.pages121 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record