Analisis Kualitas Pelayanan Jasa Pendidikan dengan Menggunakan Metode Servqual dan Quality Function Deployment di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Medan
View/ Open
Date
2012Author
Bangun, Apriani
Advisor(s)
Ginting, Rosnani
Ukurta
Metadata
Show full item recordAbstract
Keluhan mahasiswa terhadap jasa pelayanan pendidikan Jurusan Akuntansi
Politeknik Negeri Medan menunjukkan adanya ketidakpuasan mahasiswa Jurusan
Akuntansi Politeknik Negeri Medan. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan
tujuan meningkatkan kualitas layanan pendidikan. Penelitian ini menggunakan
metode servqual untuk menentukan atribut kebutuhan/pelayanan yang sesuai
dengan kebutuhan dan keinginan mahasiswa serta untuk mengetahui gap
(kesenjangan) antara pelayanan yang telah diberikan dengan harapan dari
mahasiswa. Sedangkan untuk menerjemahkan keinginan dan kebutuhan menjadi
apa yang harus dihasilkan oleh perguruan tinggi maka digunakan metode Quality
Function Deployment (QFD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan
variabel pelayanan masih memiliki gap (kesenjangan) negatif. Variabel pelayanan
dengan nilai kesenjangan terbesar -0,776 menunjukkan bahwa mahasiswa masih
belum puas dengan kurikulum perguruan tinggi selama ini. Pembentukan matriks
House of Quality (HOQ) menghasilkan prioritas perbaikan yang harus dilakukan
yaitu perbaikan fasilitas/peralatan pendukung (laboratorium, dsb) dengan nilai
bobot relatif sebesar 7,0071%. Sejalan dengan itu, maka salah satu acuan prioritas
perbaikan yang dapat dilakukan yaitu dengan karakteristik teknis pelayanan
“Tingkat kompetensi dosen” yang memiliki nilai kepentingan relatif sebesar
4,959%
Collections
- Undergraduate Theses [1487]