Show simple item record

dc.contributor.advisorSugiharto
dc.contributor.advisorGinting, Rosnani
dc.contributor.authorRachman S., Arief
dc.date.accessioned2023-04-06T15:18:20Z
dc.date.available2023-04-06T15:18:20Z
dc.date.issued2013
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/83916
dc.description.abstractDewasa ini persaingan memperebutkan pelanggan pada ruang pasar sangat tinggi. Kompetisi dipasar umumnya menunjukkan ke arah persaingan yang saling menjatuhkan dengan basis win-lose atau lose-lose. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan inovasi nilai terhadap strategi pelayanan tumah sakit, sehingga menawarkan suatu solusi dengan basis win-win. Inovasi nilai diciptakan pada kondisi dimana perusahanan mempertimbangkan tidak hanya dari segi tawaran nilai bagi pelanggan tetapi juga memperhatikan struktur biaya.Metode analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan pendekatan blue ocean strategy, serta integrasinya dengan Quality Function Deploymetn (QFD) dan Axiomatic Design (AD). QFD digunakan untuk mengidentifikasi nilai pelanggan sebagai dasar pertimbangan untuk inovasi nilai. AD digunakan untuk melakukan validasi terhadap hasil perancangan strateg yang telah melalui proses inovasi nilai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rancangan strategi perusahaan yang baru adalah pengurangan biaya melalui cost containment; penyediaan obat herbal dan katalog obat; menyediakan makanan yang bergizi dengan tampilan yang menarik; memberikan kartu anggota bagi pasien pasca rawat inap; penyediaan bel diruangan pasien untuk fleksibilitas pelayanan; menyediakan taman obat sehat; meningkatkan kualitas waktu pelayanan dan sanitasi lingkungan; fokus pada kompetensi staf untuk penyakit yang umum dan meningkatkan penampilan staf yang unik; peningkatan kualitas penunjang medis dengan sistem networking yang cepat dan efisien serta pemeriksaan yang akurat; penyediaan peralatan yang lengkap sesuai dengan prosedur dasar pemeriksaan medis; mengutamakan keamanan dan keselamatan pasien; memberikan pelayanan yang sederhana, cepat dan efektif; memberikan pelayanan yang unik. Pada bagian akhir validasi terhadap rancangan strategi menunjukkan bahwa masing-masing elemen dari rancangan strategi telah memenuhi prinsip syarat layak dalam axiomatic design yaitu rancangan yang berbentuk uncoupled dan decoupled design, serta menunjukkan penurunan nilai konten informasi.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectBlue Ocean Strategyen_US
dc.subjectQuality Function Deploymenten_US
dc.subjectInovasi Nilaien_US
dc.subjectAxiomatic Designen_US
dc.titlePendekatan Blue Ocean Strategy terhadap Strategi Pelayanan Rumah Sakit dengan Integrasi Quality Function Deployment dan Axiomatic Design (Studi Kasus: Unit Pelayanan Rawat Inap R.S. Efarina Etaham Berastagien_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM080403018
dc.identifier.nidnNIDN0020035405
dc.identifier.nidnNIDN0021026303
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI26201#Teknik Industri
dc.description.pages277 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record