Analisis Pengetahuan Pelanggan Residential Terhadap Fitur Telepon dan Hubungannya Terhadap Kepuasan Pelanggan di Kandatel Ridar
View/ Open
Date
2007Author
Boston, Lawrence
Advisor(s)
Pujangkoro, Sugih Arto
Ukurta
Metadata
Show full item recordAbstract
Kantor Daerah Telekomunikasi Riau Daratan merupakan organisasi delivery
channel berfungsi memberikan layanan serta kepuasan yang tinggi bagi
pelanggannya. Mengahadapi Persaingan di dunia usaha Telekomunikasi sekarang
tidak hanya bergantung pada produk yang dihasilkan, tetapi juga dipengaruhi oleh
nilai tambah yang diberikan pada produk tersebut dengan tujuan untuk memuaskan
pelanggan. PT. Telkom Kandatel Ridar dalam menjual produknya juga berusaha
memberikan nilai tambah dengan memberikan layanan berupa fitur telepon. Adapun
fitur telepon yang dibahas dalam penelitian ini sebanyak 10 fitur yaitu Nada Sela,
Andara, Tri mitra, Sandi Nada, Lacak, Telkom Memo, Klip, Permata, Keyword,
Hunting.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan pengetahuan
pelanggan telepon residensial mengenai jasa nilai tambah fitur telepon terhadap
kepuasan pelanggan. Metode perhitungannya menggunakan Analisis Jalur untuk
mengetahui hubungan antara tiga jenis pengetahuan pelanggan, yaitu : pengetahuan
produk (X1), Pengetahuan pembelian/pemerolehan (X2), dan pengetahuan
pemakaian/penggunaan (X3) sebagai variabel bebas dengan kepuasan pelanggan (Y)
sebagai variabel tidak bebas hal ini disebabkan masih rendahnya pemakaian fasilitas
fitur yang telah diberikan yaitu sebesar 30 % dari jumlah pelanggan yang memiliki
70 % dari jumlah pelanggan Residensial, demikian juga CSI ( Customer Satisfaction
Index) untuk layanan POTS tahun 2006 sebesar 71,75 % sedangkan harapan yang
ingin dicapai sebesar 76,19 %.
Dalam melakukan penelitian ini dilakukan cara menghitung tingkat
pengetahuan pelanggan terhadap jasa nilai tambah dan hubungannya terhadap
kepuasan pelanggan telepon residensial. Asumsi-asumsi untuk perhitungan yaitu
kondisi perusahaan, teknologi tidak berubah, data pendukung masih valid,
segmentasi pelanggan residensial.
Setelah dilakukan penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang
signifikan antara pengetahuan produk dan pengetahuan pemakaian terhadap kepuasan
pelanggan pada tingkat kepercayaan sebesar 10%. Hubungan total pengetahuan
pelanggan terhadap kepuasan pelanggan adalah 48,68 %, dan hubungan lain diluar
penelitian adalah 16,85 %.
Collections
- Undergraduate Theses [1487]