Show simple item record

dc.contributor.advisorMatondang, Abdul Rahim
dc.contributor.advisorNazlina
dc.contributor.authorHasibuan, Chalis Fajri
dc.date.accessioned2023-04-11T06:47:55Z
dc.date.available2023-04-11T06:47:55Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/84003
dc.description.abstractPerpustakaan merupakan pusat data dan informasi yang memiliki peranan yang besar dalam menunjang sistem pendidikan. Ketersediaan bahan pustaka hendaknya teralokasi dengan baik sehingga dapat diakomodasi segera kepada para pemakai yang terdiri atas mahasiswa, staf pengajar, peneliti dan masyarakat umum. Perpustakaan USU memiliki beberapa layanan, salah satunya adalah penyusunan buku kembali ke rak buku. Penyusunan buku pada perpustakaan USU dilakukan sebanyak 2 kali dalam waktu 1 hari yaitu pada pukul 08:00 pagi dan pukul 02:30, padahal sistem penyusunan buku ke rak buku saat ini memiliki tahapan kegiatan yang banyak dan memerlukan waktu 20 menit 3 detik. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perbaikan metode dan fasilitas kerja untuk mengurangi keluhan musculoskeletal dengan memperbaiki metode dan fasilitas kerja yang sudah ada dan juga pembuatan SOP dengan penggunaan fasilitas baru berdasarkan data antropometry pekerja agar dapat menghemat waktu pelayanan dan memberikan layanan yang tepat waktu pada pengguna. Tahapan yang digunakan untuk memperbaiki metode kerja agar dapat mendeteksi keluhan musculoskeletal dipakai Standard Nordic Questionnairre, sedangkan untuk menilai postur kerja digunakan metode REBA. Hasil penilaian untuk kondisi aktual dari kedua metode yang ada dianalisis berdasarkan keluhan MSDs yang terjadi, ketidaksesuian ukuran fasilitas kerja dan antropometri pekerja, metode kerja. Gambaran kondisi eksisting yang diperoleh dianalisis dan dievaluasi sehingga dapat menghasilkan rancangan fasilitas kerja yang ergonomis yang baru sehingga metode kerja menjadi lebih baik. Perancangan ulang fasilitas kerja berupa trolli dan alat pijakan berdasarkan prinsip antropometri. Selain itu, ditambahkan kode warna pada rak buku untuk mempermudah penyusunan buku. Selain itu berdasarkan gang proses chart diperoleh hasil peningkatan produktivitas penyusunan buku Dari Hasil gang proses chart pekerja dapat di kurangi dari yang berjumlah 8 orang menjadi 7 orang, pekerja yang mengalami pengurangan di alokasikan ke lantai 2. Waktu pelayanan yang aktual dilakukan sebanyk 2 kali maka setelah dilakukan perbaikan metode kerja dan fasilitas kerja dapat dilakukan sebanyak 3 sampai 4 kali. Berdasarkan fasilitas kerja yang diperbaiki maka diusulkan metode kerja baru yang telah distandarkan berupa standard operation procedure (SOP) penyusunan buku.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectPerbaikan Sistem Kerjaen_US
dc.subjectKeluhan Musculoskeletalen_US
dc.subjectREBAen_US
dc.subjectSOPen_US
dc.titlePerbaikan Metode dan Fasilitas Kerja pada Unit Pelayanan Mahasiswa di Perpustakaan Universitas Sumatera Utaraen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM080403146
dc.identifier.nidnNIDN0015085202
dc.identifier.nidnNIDN0014016105
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI26201#Teknik Industri
dc.description.pages234 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record