Analisis Hubungan Volume Sales dengan Market Share Terhadap Pusat Distribusi dalam Supply Chain
View/ Open
Date
2011Author
Juneika, Nidia
Advisor(s)
Rambe, A. Jabbar M
Siregar, Ikhsan
Metadata
Show full item recordAbstract
Perkembangan dunia usaha yang semakin maju dan kompetitif menuntut
penyesuaian yang harus dilakukan oleh perusahaan, salah satunya adalah
meningkatkan kinerja perusahaan agar lebih baik. Kinerja yang baik merupakan
salah satu faktor terpenting dalam kemajuan perusahaan dan kunci utama
keberhasilan dalam rangka meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan.
Dalam hal ini, perusahaan mempunyai rantai suplai yang bertujuan untuk
meningkatkan kinerja perusahaan. Rantai suplai tersebut memiliki pusat distribusi
yang sesuai dengan tujuan perusahaan. Demi mencapai tujuan tersebut,
perusahaan harus menentukan prioritas dari pusat distribusi dalam supply chain
serta menganalisis hubungan antar tiap faktor yang mempengaruhi pusat distribusi
untuk meningkatkan aliran bahan maupun informasi sehingga produktivitas
perusahaan dapat meningkat.
Adapun penentuan prioritas distribusi supply chain perusahaan dilakukan
dengan menentukan kriteria-kriteria yang mempengaruhi pemilihan distribusi
dalam supply chain. Kriteria-kriteria yang digunakan adalah empat kriteria
balance scorecard yaitu financial, internal, costumer, dan learning & Growth.
Berdasarkan kriteria tersebut maka dilakukan pengolahan dengan menggunakan
metode DEMATEL untuk melihat prioritas distribusi serta hubugan pengaruh
antar kriteria dan Pusat distribusi. Hubungan faktor dilakukan antara volume sales
dengan market shares menggunakan pengujian korelasi linier pearson.
Berdasarkan analisis terhadap pusat distribusi yang ada di perusahaan
(Jambi, Medan, Aceh, Riau, dan Padang) maka diperoleh bahwa nilai pembobotan
untuk pemrioritasan distribusi secara berurutan yaitu 1,0035; 1,5649; 1,3789;
1,2605 dan 1,2668. Maka, dapat diketahui bahwa tingat kepentingan secara
berurutan yaitu Medan, Aceh, Padang, Riau, dan Jambi. Sedangkan untuk
pengujian korelasi diperoleh nilai > 0,5 yaitu hubungan antara volume sales dan
market share adalah linier positif untuk setiap pusat distribusi.
Collections
- Undergraduate Theses [1487]