| dc.contributor.advisor | Sitorus, Henri | |
| dc.contributor.author | Tinambunan, Sri Mariati | |
| dc.date.accessioned | 2018-11-16T07:29:57Z | |
| dc.date.available | 2018-11-16T07:29:57Z | |
| dc.date.issued | 2018 | |
| dc.identifier.uri | http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/8404 | |
| dc.description.abstract | Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal mempunyai visi yang mulia melalui penciptaan suasana belajar yang kondusif, untuk mengembangkan potensi-potensi siswa dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Sekolah membentuk karakter manusia atau siswan yang cerdas dan beriman melalui berbagai mata pelajaran yang ada seperti IPA, IPS, bahasa, agama dan PKN. Selain mata pelajaran wajib yang ada, di sekolah juga terdapat kegiatan-kegiatan lain yang dapat membantu mengembangkan kreatifitas siswa siswinya yaitu kegiatan ekstrakulikuler dan juga organisasi siswa intra sekolah.
Melalui sebuah survey angket dengan pendekatan kuantitatif,dengan mengumpulkan data dari nilai setiap siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, bertempat di SMA Negeri 1 Sunggal dengan responden sebanyak 80 siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan berprestasi. Melihat korelasi dari kedua variabel ekstrakurikuler dengan prestasi belajar siswa/i.
Ekstrakurikuler merupakan salah satu sarana pembentuk pengembangan diri siswa. Didalam organisasi atau ekstrakurikuler yang diikuti siswa, banyak memberi pengetahuan tentang ilmu dan pengalaman dalam organisasi, rasa bertanggung jawab kepada tugasnya, disiplin dalam melaksanakan kewajiban kegiatan, sportif dalam berkompetisi, menanamkan jiwa berprestasi, kreatif dalam menyumbangkan ide demi kemajuan ekstrakurikuler dan sekolah. Dengan meninjau angka signifikansi uji korelasi tiap indicator kedua variabel yang >0,05, sehingga tidak berkorelasi dengan prestasi belajar siswa. Ekstrakurikuler dilakukan pada saat selesai jam belajar disekolah, tidak mengganggu dalam hal pengerjaan tugas yang diberikan oleh guru karena guru memiliki kebijakan mengumpulkan tugas sebelum jam belajar dimulai dan tidak meningkatkan absensi disekolah. | en_US |
| dc.description.abstract | Schools as formal education institutions have a noble vision through the creation of a conducive learning atmosphere, to develop students' potential in realizing national education goals. Schools form intelligent and faithful human or social characters through various subjects such as science, social studies, language, religion and PKN. In addition to the compulsory subjects available, there are also other activities in school that can help develop students' creativity, namely extracurricular activities and also intra-school student organizations.
Through a questionnaire survey with a quantitative approach, by collecting data from the value of each student participating in extracurricular activities, located at SMA Negeri 1 Sunggal with as many as 80 students taking extracurricular activities and achieving. Looking at the correlation of the two extracurricular variables with student achievement.
Extracurricular is one of the means of forming students' self-development. In organizations or extracurricular activities, students give a lot of knowledge about knowledge and experience in the organization, a sense of responsibility to their duties, discipline in carrying out their activities, sportsmanship in competition, instilling a spirit of achievement, creative in contributing ideas for extracurricular and school progress. By reviewing the number of significance of the correlation test for each indicator the two variables are> 0.05, so it does not correlate with student learning achievement. Extracurricular is done at the time of study hours at school, does not interfere with the assignment given by the teacher because the teacher has a policy of collecting assignments before the learning hours begin and does not increase attendance at school. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
| dc.subject | Ekstrakurikuler | en_US |
| dc.subject | Prestasi Siswa | en_US |
| dc.subject | Motivasi Berprestasi | en_US |
| dc.title | Dampak Ekstrakurikuler Terhadap Prestasi Belajar Siswa/i SMA Negeri 1 Sunggal | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| dc.identifier.nim | NIM140901030 | en_US |
| dc.identifier.submitter | Nurhusnah Siregar | |
| dc.description.type | Skripsi Sarjana | en_US |