• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Engineering
    • Department of Industrial Engineering
    • Master Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Engineering
    • Department of Industrial Engineering
    • Master Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perancangan Sistem Pelayanan Jasa di PDAM Kabupaten Aceh Tamiang

    View/Open
    Fulltext (4.243Mb)
    Date
    2006
    Author
    Jamaluddin, Jamaluddin
    Advisor(s)
    Matondang, Abdul Rahim
    Tarigan, Ukurta
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dari studi peffiahuluan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa sistem pelayanan jasa di PDAM Kabupaten Aceh Tamiang belum berorientasi optimal terhadap pemenuhan kebutuhan pelarqgan dan belum memiliki strategi jasa yang jelas. Hasil penilaian kesesuaian antara harapan pelanggan dengan kondisi aktual di PDAM diperoleh performansi keseluruhan dengan nilai 57,29 dan masuk dalam kategori ankup. Hal ini mengindikasikan bahwa kondisi aktual sistem pelayanan jasa di PDAM belum sesuai dengan harapan pelanggan. Nilai kesesuaian terendah berada pada elemen perqgunaan Teknologi, hal ini menunjukkan bahwa belum optimalnya penggunaan teknologi di PDAM. Nilai kesesuaian tertinggi teriadi pada elemen kontak pelanggan, gambaran ini menunjukkan bahwa pelayanan yang bersifat kontak langsung dengan pelanggan telah dilaksanakan dengan baik. Dari hasil pengolahan data serta analisis intemal dan ekstemal telah dapat dirumuskan suatu formulasi strategi, perbaikan produk, sistem pelayanan, model pengukuran dan pengembangan PDAM lebih lanjut. Upaya - upaya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki sistem pelayanan jasa PDAM kedepan antara lain : 1. Melaksanakan prioritas prioritas pelayanan sebagaimana formulasi strategi yang telah dirumuskan. 2. Melakukan perbaikan produk iasa sebagaimana Desain perbaikan yang diusulkan. 3. Melaksanakan komunikasiyang baik antara PDAM dengan pelanggan. 4. Pengadaan Hidran umum, pendistribusian air dengan mobil tangki. 5. Pengadaan fasilitas pelayanan yang memadai seperti tempat parkir, ruang tunggu dan brosur layanan masyarakat di kantor pelayanan. 6. Penggunaan teknologi baru untuk sistem pencatatan angka meteran. 7. Mengoptimalkan pelaksanaan Diklat teknis dan penjenjangan karir bagi karyawan PDAM. 8. Melaksanakan survey kepuasan pelanggan dan pengukuran kualitas pelayanan Secara berkala dengan menggunakan model pengukuran yang telah dirumuskan.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/84302
    Collections
    • Master Theses [185]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV