Show simple item record

dc.contributor.advisorIsranuri, Ikhwansyah
dc.contributor.authorMarbun, Ivan Basker
dc.date.accessioned2023-05-29T03:51:09Z
dc.date.available2023-05-29T03:51:09Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/85109
dc.description.abstractAluminium banyak digunakan didalam aplikasi bidang automotive yang memiliki sifat mekanis yang memadai seperti ketangguhan (impak). di dalam pengecoran aluminium memiliki titik kelemahan tersendiri. maka perlu dilakukan penelitian dengan perpaduan dua material antara Aluminium-Magnesium yang dipakai untuk pembuatan pesawat tanpa awak. Pada penelitian ini dilakukan untuk membandingkan berat dari hasil perhitungan teori dan hasil pengecoran pesawat dan titik berat (pusat massa ) sayap pesawat untuk mengetahui kesetimbangan gaya yang bekerja pada sebuah benda. Didalam pembuatan pesawat tanpa awak didesain menggunakan software solidwork dengan perhitungan secara teoritis didapat hasil nilai Thrust 1170.1148 N, Drag 24.6093 N, Lift 1167.60 dan Weight 264.6 dalam hal ini massa pesawat adalah sebesar 27 Kg. sehingga disimpulkan secara teori pesawat tanpa awak memenuhi syarat untuk terbang. berbanding terbalik dari hasil penelitian pengecoran pesawat tanpa awak dengan material paduan Aluminium Magnesium (96%-4%) tidak dapat untuk diterbangkan karena memiliki berat lebih dari 27 Kg. Hasil penelitian uji impak dari pengecoran logam paduan Aluminium Magnesium (96%-4%) memiliki energi serap rata-rata 21,49 Nm dan 22,36 Nm. Maka dapat diambil kesimpulan semakin rendah sudut pemukulan akhir semakin besar energi yang diserap. Untuk hasil simulasi titik berat paduan Aluminium Magnesium ( 96%-4%) memilki densitas 2.62 gr/cm3 , massa pesawat 4,5 Kg. Volume sayap pesawat 1727,68 cm3 , dan luas permukaan massa sayap pesawat 5774,6 m3 . Maka pusat massanya berada pada koordinat X= 75,58 cm. Y= 8,87 cm. Z= 60,80 cm. berdasarkan penelitian ini material paduan Aluminium-Magesium (96%-4%) kurang cocok untuk pembuatan material pesawat tanpa awak.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectAutomotiveen_US
dc.subjectToughnessen_US
dc.subjectSolidworken_US
dc.titleAnalisa Data dan Titik Berat Sayap pada Pesawat Tanpa Awak dan Pengujian Impak dengan Material Aluminium – Magnesium (96%-4%)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIDN0024126402
dc.identifier.nimNIM080401064
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI21201#Teknik Mesin
dc.description.pages83 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record