dc.description.abstract | Penelitian yang telah dilakukan terhadap desain parking bumper
memperlihatkan bahwa desain terbaik berbentuk trapesium padat [2]. Namun
dalam pengujian yang dilakukan [5] memperlihatkan bahwa desain trapesium
padat masih memiliki kelemahan yaitu tidak mampu menahan kecepatan mobil
diatas 20 km/jam saat menuju parkir. Bila kecepatan mobil saat parkir lebih tinggi
maka akan menyebabkan parking bumper mengalami kerusakan. Oleh sebab itu
perlu dilakukan modifikasi desain (redesain) untuk mendapatkan bentuk desain
yang lebih maksimal.
Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan pemodelan berupa redesain
parking bumper dengan geometri trapesium sama sisi yang memiliki dimensi
panjang 250 mm, lebar 200 mm, dan tinggi 130 mm. Selanjutnya meneliti hasil
pengujian statik dan dinamik pada salah satu sisi miring melalui simulasi
menggunakan program Ansys 12.0 Workbench sehingga diperoleh tegangan,
regangan dan total deformasi. Berdasarkan uji statik ditentukan modulus
elastisitas maksimum redesain parking bumper dan berdasarkan uji dinamik
ditentukan gaya impak maksimum yang sanggup diterima parking bumper sesaat
sebelum mengalami kerusakan. Terakhir membandingkan hasil penelitian yang
dilakukan dengan penelitian sebelumnya [5].
Hasil pengujian statik dan dinamik pada salah satu sisi miring redesain
parking bumper melalui simulasi menggunakan program Ansys 12.0 Workbench
diperoleh hasil sebagai berikut: (1). Telah berhasil dilakukan redesain parking
bumper dengan geometri berupa trapesium berongga yang diisi dengan bahan
beton (concrete) dengan sisi miring berbentuk radius, memiliki dimensi panjang
250 mm, lebar 200 mm dan tinggi 130 mm. (2). Hasil simulasi statik dengan
tekanan sebesar 2500 MPa selama selang waktu 240 s (4 menit), diperoleh
tegangan rata-rata 6.909,9 Mpa, tegangan maksimum 8.884,2 MPa, regangan
rata-rata 0.62812 m/m, regangan maksimum 0,80765 m/m, total deformasi rata rata 0,034563 m, total deformasi maksimum 0,044438 m, dan modulus elastisitas
maksimum 11.000 MPa. (3). Hasil simulasi dinamik dengan kecepatan jatuh
bebas sebesar 10 m/s yang setara dengan 36 km/jam, diperoleh tegangan dinamik
rata-rata 18,957 Mpa, tegangan maksimum 34,122 MPa, regangan impak rata-rata
0,00063424 m/m, regangan maksimum 0,0011416 m/m,total deformasi rata-rata
0,0030385 m, total deformasi maksimum 0,0054693 m dan gaya impak
maksimum adalah 34.820 kN. (4). Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan
bahwa redesain parking bumper berupa trapesium berongga yang diisi concrete
dengan sisi miring radius mempunyai karakteristik yang lebih baik dibandingkan
dengan hasil penelitian sebelumnya berupa parking bumper berbentuk traperium
padat [5]. | en_US |