• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Engineering
    • Department of Industrial Engineering
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Engineering
    • Department of Industrial Engineering
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Beban Kerja dengan Menggunakan Metode NASA-TLX untuk Menentukan Jumlah Karyawan yang Optimal pada Bank BNI Cabang USU

    View/Open
    Fulltext (1.716Mb)
    Date
    2014
    Author
    Sitorus, Sri Wahyuni
    Advisor(s)
    Wahyuni, Dini
    Syahputri, Khalida
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    PT. Bank Negara Indonesia (BNI) adalah lembaga keuangan yang mempunyai peranan yang penting dalam perekonomian indonesia. Peranan ini dapat dilihat dengan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap PT. BNI. Penelitian ini dilakukan di PT. BNI Cabang USU Medan. Dari pengamatan yang diperoleh pada PT. BNI Cabang USU Medan, diketahui sering terjadi keterlambatan dalam pelayanan nasabah dari nasabah mengambil nomor antrian hingga mendapatkan pelayanan teller. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jumlah karyawan teller dan menentukan persentase waktu produktif yang digunakan karyawan pada Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang USU Medan berdasarkan beban kerja karyawan teller dengan menggunakan metode National Aeronautics and Space Administration Task Load Index (NASA-TLX) dan Work Sampling. Metode NASA-TLX digunakan untuk mengetahui beban kerja mental dari masing-masing teller dan metode work sampling dilakukan untuk mengetahui persentase waktu produktif. Hasil pengukuran dengan metode NASA-TLX menunjukkan bahwa beban kerja mental tertinggi pada teller 3 adalah 83% dan teller 6 adalah 81,67% dan indikator mental demand merupakan indikator yang dominan mempengaruhi beban kerja mental teller. Hasil work sampling menunjukkan bahwa waktu produktif tertinggi teller 2 adalah 90,7%. Secara umum beban kerja mental dari masing-masing teller tergolong tinggi. Beban kerja mental yang tinggi jika dibiarkan secara terus menerus tanpa adanya perbaikan akan menyebabkan stress kerja yang akhirnya akan menurunkan produktivitas kerja teller.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/85269
    Collections
    • Undergraduate Theses [1591]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV