• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Engineering
    • Department of Industrial Engineering
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Engineering
    • Department of Industrial Engineering
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perancangan Kursi dan Meja Berdasarkan Antropometri pada Sekolah SD Siti Hajar

    View/Open
    Fulltext (2.574Mb)
    Date
    2014
    Author
    Siregar, Ramadhani
    Advisor(s)
    Rambe, A. Jabbar M.
    Huda, Listiani Nurul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Meja dan kursi merupakan fasilitas sekolah yang berpengaruh terhadap sikap duduk siswa saat belajar. Postur tubuh siswa akan bekerja secara alami jika menggunakan meja dan kursi yang ergonomis. Sebaliknya, jika meja dan kursi tidak ergonomis maka akan menimbulkan ketidaknyamanan sehingga menyebabkan keluhan musculoskeletal pada siswa. Berdasarkan pengamatan di Sekolah Dasar Siti Hajar, meja dan kursi yang digunakan memiliki ukuran yang sama mulai dari kelas I sampai dengan kelas VI, sedangkan dimensi tubuh anak kelas 1 sangat jauh berbeda dengan tubuh anak yang duduk dikelas 6. Berdasarkan penelitian terhadap 255 siswa SD Siti Hajar diketahui bahwa meja dan kursi terlalu tinggi bagi siswa sehingga membuat 99,6 % posisi kaki siswa berada dalam keadaan menggantung (tidak menyentuh lantai) dan tinggi meja membuat 100 % lengan siswa terangkat hampir sejajar bahkan melebihi tinggi bahu saat menulis. Lebar kursi juga terlalu besar sehingga posisi duduk siswa maju kedepan dan tidak bersandar. Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan dengan Standard Nordict Questionaire, posisi tubuh yang tidak normal mengakibatkan siswa sering mengalami keluhan musculoskeletal dengan kategori agak sakit, sakit dan sangat sakit. Lima keluhan yang paling sering dialami siswa saat belajar dengan menggunakan kursi dan meja adalah keluhan kaku dileher bagian atas sebesar 80%, keluhan pada bagian pinggang sebesar 73%, keluhan pada tangan kanan sebesar 73%, keluhan pada lengan bawah kanan sebesar 70%, dan keluhan lengan atas kanan sebesar 70%. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk meminimalisasi ketidaksesuaian meja dan kursi sekolah terhadap siswa sehingga dapat mengurangi keluhan musculoskeletal dengan membuat perancangan meja dan kursi berdasarkan antropometri dan tingkatan kelas siswa. Model perancangan yang digunakan adalah model perancangan French yang terdiri dari analisis masalah, perancangan konsep, pemberian bentuk dan detail. Perancangan meja dan kursi sekolah dilakukan dengan dua konsep yaitu konsep fix dan konsep adjustable yang masing-masing dikelompokkan kedalam tiga tingkatan yaitu tingkatan satu untuk siswa kelas I dan II (usia 5-7 tahun), tingkatan dua untuk siswa yang duduk dikelas III dan IV (usia 8-9 tahun) dan tingkatan III untuk siswa kelas V dan VI (usia 10-11tahun).
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/85922
    Collections
    • Undergraduate Theses [1591]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV