Redesain Meja dan Kursi Kelas Berdasarkan Antropometri Siswa SDN 060796
View/ Open
Date
2014Author
Silvia
Advisor(s)
Matondang, Abdul Rahim
Huda, Listiani Nurul
Metadata
Show full item recordAbstract
Perabot kelas, yang terdiri dari meja dan kursi, merupakan fasilitas fisik
yang penting karena aktivitas belajar siswa, seperti membaca, menggambar,
menulis dan kegiatan lainnya, banyak dihabiskan di dalam kelas. Antropometri
merupakan faktor penting yang harus dipertimbangkan dalam perancangan
perabot kelas guna menentukan dimensi perabot kelas yang tepat dan dapat
memfasilitasi pengguna dengan sikap duduk yang baik. Penelitian ini berlokasi di
Sekolah Dasar Negeri 060796 Kecamatan Medan Area Kota Medan. Fenomena
awal yang terlihat adalah sikap duduk siswa yang tidak nyaman seperti posisi
membungkuk, kaki siswa yang menggantung, dan bahu yang terangkat. Jarak
baca siswa sangat dekat dengan meja dimana jarak baca yang diusulkan minimum
30 cm.
Penelitian ini menggunakan kuisioner Standard Nordic Questionnaire
untuk mengidentifikasi keluhan yang dirasakan siswa pada 28 bagian tubuh yang
ditanyakan dalam kuisioner. Siswa merasakan adanya keluhan muskuloskeletal
paling besar ketika menggunakan meja tipe 1 dan kursi tipe 2. Keluhan sakit
paling besar pada bagian leher (22,7%), lengan bawah (28,22%), bahu (22,08%),
punggung (20,25%), paha (14,72%), dan bagian betis (14,72%).
Redesain meja dan kursi kelas dilakukan dengan prinsip perancangan
perabot kelas dengan ukuran fixed yang berbeda untuk setiap tingkatan kelas dan
prinsip perancangan perabot adjustable dengan tinggi meja dan tinggi kursi yang
dapat diatur. Hasil rancangan ulang meja dan kursi kelas menurunkan tingkat
risiko penilaian postur RULA dari nilai 6-7 (diperlukan tindakan segera dan
sekarang juga) menjadi level risiko bernilai 3 (level risiko kecil) dengan kategori
tindakan yaitu diperlukan tindakan beberapa waktu ke depan.
Collections
- Undergraduate Theses [1591]