Pengaruh Smartphone terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Prasekolah
Abstract
Seiring perkembangan teknologi penggunaan Smartphone dikalangan anak semakin meningkat yang mampu mempengaruh sosial emosional anak. Sekitar 0,4 juta atau sebanyak 16% balita di Indonesia mengalami gangguan perkembangan, termasuk keterlambatan bicara, pendengaran, motorik halus dan kasar, serta sosial dan emosional. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi pengaruh penggunaan Smartphone terhadap perkembangan sosial emosional anak prasekolah. Metode yang digunakan adalah Literature Review dengan pengumpulan data menggunakan IEEE Explore, Garuda dan Google Scholar. Jurnal yang diperoleh dari penggunaan kata kunci dan seleksi penilaian didapatkan 13 jurnal (nasional dan internasional). Hasil yang didapatkan dari review 13 jurnal yaitu adanya pengaruh penggunaan Smartphone terhadap perkembangan sosial emosional anak prasekolah. Kesimpulan yang didapat bahwa penggunaan Smartphone melebihi batasan normal yaitu lebih dari satu jam dalam satu hari menyebabkan terganggunya perkembangan sosial emosional anak prasekolah sehingga perlunya pengawasan lebih dari orangtua ketika menggunakan Smartphone pada anak dalam kehidupannya sehari – hari.
Collections
- Undergraduate Theses [1273]