Show simple item record

dc.contributor.advisorIndrawan, Ivan
dc.contributor.authorDaeli, Yulianus Yahya
dc.date.accessioned2018-12-12T03:44:05Z
dc.date.available2018-12-12T03:44:05Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/9224
dc.description.abstractAir bersih merupakan kebutuhan utama dan mendasar bagi manusia yang harus menjadi perhatian. Karena pentingnya kebutuhan akan air bersih, maka hal yang wajar jika sektor air bersih mendapatkan prioritas penanganan utama karena menyangkut kehidupan orang banyak. maka suatu perusahaan penyedia air bersih, berkewajiban untuk melakukan pelayanan kepada semua orang supaya setiap orang dapat terlayani kebutuhan air bersih. Untuk menganalisis air bersih di Kelurahan Limau Manis, metode yang digunakan yaitu aplikasi Epanet 2.0 Berdasarkan hasil perhitungan bahwa kapasitas SPAM (Sistem Pengolahan Air Minum) Tanjung Morawa PDAM Tirta Deli yaitu 50 liter/detik mampu melayani 4.608 pelanggan, sedangkan pada kondisi eksisting jumlah pelanggan hanya 724 SR. Pada kondisi eksisting pemakaian pelanggan hanya 12.641 m3 air atau 116 L/orang/hari, tentu ini tidak memenuhi kriteria sebagai kategori kota sedang yang rata-rata kebutuhan air yaitu 130 sampai 150 liter/orang/hari. Daerah pelayanan rencana yaitu daerah limau manis dengan target pelanggan yaitu 3.884 SR ditambah dengan 724 SR kondisi eksisting maka total keseluruhan 4.608 Pelanggan. Total kebutuhan air 3.456.000 liter/hari atau 3.456 m3/hari atau 0,04 m3/detik. Dengan kebutuhan jam puncak 0,04 m3/detik. Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa perlu dilakukan pengembangan jaringan distribusi air minum oleh PDAM Tirta Deli, carena kapasitas 50 liter/detik kapasitas besar, sedangkan yang dilayani sekarang ini hanya 724 pelanggan.en_US
dc.description.abstractClean water is a primary and fundamental need for human beings that must be a concern. Due to the importance of the need for clean water, it is natural that the water sector receives a priority of primary handling as it concerns the lives of many people. then a water supply company, is obliged to perform services to all people so that everyone can be served the needs of clean water. To analyze clean water in Limau Manis Village, the method used is Epanet 2.0 application Based on the calculation that the capacity of SPAM (Water Treatment System) Tanjung Morawa Tirta Deli PDAM is 50 liters / second able to serve 4,608 customers, while in the existing condition the number of subscribers is only 724 SR. In the existing condition of subscribers only 12.641 m3 water or 116 L / person / day, this certainly does not meet the criteria as the category of medium town which the average water demand is 130 to 150 liters / person / day. The service plan area is the sweet lime area with the target customer that is 3,884 SR plus 724 SR existing condition then the total 4,608 total subscribers. The total water requirement is 3.456.000 liters / day or 3.456 m3 / day or 0.04 m3 / sec. With the peak hour requirement of 0.04 m3 / sec. The result of this research concludes that it is necessary to develop the distribution network of drinking water by PDAM Tirta Deli, with capacity of 50 liters / second of large capacity, whereas currently served only 724 customers.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectPerencanaan Pengembangan Jaringan Distribusi Air Minum dan Analisisen_US
dc.subjectDistribusien_US
dc.subjectEpanet 2.0en_US
dc.titlePerencanaan Pengembangan Jaringan Distribusi Sistem Penyediaan Air Minum PDAM Tirta Deli Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utaraen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM130407024en_US
dc.identifier.submitterNurhusnah Siregar
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record