Sinergitas dalam Mempertahankan Nilai-Nilai Islami (Studi Kasus Madrasah Tsanawiyah Muallimin UNIVA Medan)
Abstract
Tulisan ini berjudul SINERGITAS DALAM MEMPERTAHANKAN NILAI-NILAI ISLAMI (Studi Kasus Madrasah Tsanawiyah Muallimin UNIVA Medan), yang bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana sinergi antara sekolah, orang tua, dan siswa dalam mempertahankan nilai-nilai Islami yang di dapat melalui sekolah sehingga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Manfaat dari penelitian ini adalah agar dapat menjadi tambahan pengetahuan bagi penulis serta akademisi bagaimana mempertahankan nilai-nilai Islami di era globalisasi yang terus menerus menggerogoti moral dan akhlak, terkhusus bagi para siswa dan siswi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dimana pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi serta wawancara terhadap sumber informasi yaitu sekolah, orang tua, dan juga murid-murid Madrasah Tsanawiyah Muallimin UNIVA Medan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mempertahankan nilai-nilai Islami ada beberapa faktor yang menjadi pendukung, yaitu tenaga pendidik, kurikulum dan juga pembiasaan yang terus menerus dilakukan untuk membiasakan para siswa menerapkan nilai-nilai Islami baik di sekolah maupun di rumah. Akan tetapi juga ada beberapa faktor yang menjadi penghambat dalam mempertahankan nilai-nilai Islami tersebut, diantaranya adalah ekonomi yang berdampak pada jalannya proses pembelajaran. Kemudian faktor orang tua, jika seandainya orang tua tidak membiasakan dalam kehidupan kesehariannya. Dan juga kondisi kelas yang menyebabkan ketidak kondusifan kelas sehingga penyampaian nilai-nilai Isalmi menjadi terhambat.
Collections
- Undergraduate Theses [896]