• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Anthropology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Anthropology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Sinergitas dalam Mempertahankan Nilai-Nilai Islami (Studi Kasus Madrasah Tsanawiyah Muallimin UNIVA Medan)

    Thumbnail
    View/Open
    Cover_150905006 (1.630Mb)
    List of Figures_150905006 (44.25Kb)
    Full Text_150905006 (3.663Mb)
    Date
    2022
    Author
    Harahap, Lukman Angga
    Advisor(s)
    Agustrisno
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tulisan ini berjudul SINERGITAS DALAM MEMPERTAHANKAN NILAI-NILAI ISLAMI (Studi Kasus Madrasah Tsanawiyah Muallimin UNIVA Medan), yang bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana sinergi antara sekolah, orang tua, dan siswa dalam mempertahankan nilai-nilai Islami yang di dapat melalui sekolah sehingga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Manfaat dari penelitian ini adalah agar dapat menjadi tambahan pengetahuan bagi penulis serta akademisi bagaimana mempertahankan nilai-nilai Islami di era globalisasi yang terus menerus menggerogoti moral dan akhlak, terkhusus bagi para siswa dan siswi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dimana pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi serta wawancara terhadap sumber informasi yaitu sekolah, orang tua, dan juga murid-murid Madrasah Tsanawiyah Muallimin UNIVA Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mempertahankan nilai-nilai Islami ada beberapa faktor yang menjadi pendukung, yaitu tenaga pendidik, kurikulum dan juga pembiasaan yang terus menerus dilakukan untuk membiasakan para siswa menerapkan nilai-nilai Islami baik di sekolah maupun di rumah. Akan tetapi juga ada beberapa faktor yang menjadi penghambat dalam mempertahankan nilai-nilai Islami tersebut, diantaranya adalah ekonomi yang berdampak pada jalannya proses pembelajaran. Kemudian faktor orang tua, jika seandainya orang tua tidak membiasakan dalam kehidupan kesehariannya. Dan juga kondisi kelas yang menyebabkan ketidak kondusifan kelas sehingga penyampaian nilai-nilai Isalmi menjadi terhambat.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/93607
    Collections
    • Undergraduate Theses [939]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV