dc.contributor.advisor | Sabri, M. | |
dc.contributor.author | Simbolon, Martin Adi Putra | |
dc.date.accessioned | 2018-12-21T02:23:58Z | |
dc.date.available | 2018-12-21T02:23:58Z | |
dc.date.issued | 2018 | |
dc.identifier.uri | https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/9801 | |
dc.description.abstract | Kampas rem adalah suatu komponen rem yang paling penting dalam kinerja
pengereman, kampas rem adalah suatu material komposit yang tersusun dari beberapa bahan
penyusun dan pengikat. Kampas rem ada dua jenis yaitu Abestos yaitu 40 s/d 60%, resin 12%
s/d 15%, BaSO4 14% s/d 15%, sisanya karet ban bekas, tembaga sisa kerajinan dan frictdust
dan kampas rem non asbestos yang terbuat dari aramyd atau Kevlar, rockwool, fiberglass,
potasiumtitanate, carbonfiber, graphite, cellulose, vemiculate, steelfiber, BaSO4, resin
phenolic, nitrile butadiene rubber.
Pada penelitian ini peneliti membuat kampas rem non asbestos dari material serbuk
serabut kelapa dengan variasi komposisi 20% serbuk sabut kelapa, 15% MgO, 15% Al dan
25% resin epoxy 25% hardener. 25% serbuk sabut kelapa , 15% MgO, 10% Al dan 25%
resin epoxy 25% hardener. 30% serbuk sabut kelapa 15% MgO, 5% Al dan 25% resin epoxy
25% hardener. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan karakteristik dan performa
kampas rem menyerupai kampas rem non asbestos yang ada dipasaran seperti federal.
Pengujian karakteristik dan performa kampas rem yang diteliti berupa kekerasan,
kekasaran, keausan, jarak pengereman, waktu pengereman, koefisien gesek kampas rem
dengan disk break, dan pertambahan panas yang dihasilkan karena gesekan yang terjadi.
Karakteristik yang mendekati nilai pasaran nilai kekerasan 22.3 Kgf/mm2 kekasaran dan
keausan 3.189 um dan 0.00479115 gram/mm2.s adalah komposisi A dengan nilai 19,30
Kgf/mm2, 2,908 um, 0.0331 gram/mm2.s. Performa yang mendekati performa kampas rem
merek federal dengan nilai jarak pengereman 17.28 m, waktu pengereman 1.94 s, panas yang
dihasilkan 46.66667oC, dan koefisien gesek 0.812 pada kecepatan 60km/h dengan gaya tekan
pedal rem sebesar 30N, dari standar performa jarak yang mendekati adalah komposisi A 15.2
m, Waktu pengereman komposisi C 2,04 s. koefisien gesek komposisi C 0.6364, dan panas
komposisi C 84,3oC,. | en_US |
dc.description.abstract | Brake lining is the most important brake component in braking performance, brake
lining is a composite material composed of several constituents and binders. There are two
types of brake lining: Abestos is 40 s / d 60%, resin 12% s / d 15%, BaSO4 14% s / d 15%,
the remaining rubber tires, copper scrap remnants and frictdust.dan non asbestos brake lining
Made of aramyd or Kevlar, rockwool, fiberglass, potasiumtitanate, carbonfiber, graphite,
cellulose, vemiculate, steelfiber, BaSO4, phenolic resin, nitrile butadiene rubber.
In this research the researcher make non asbestos brake lining from sugar cane
material with variation of composition of 20% coconut fiber powder, 15% MgO, 15%
Al and 25% 25% hardener epoxy resin. 25% coconut fiber powder, 15% MgO, 10%
Al and 25% 25% hardener. 30% coconut fiber powder, 15% MgO, 5% Al and 25% 25%
hardener epoxy resin. The purpose of this study is to obtain the characteristics and
performance of brake lining that resembles non-asbestos brake lining that is on the market
like a federal.
Testing of brake lining characteristics and performance examined in the form of
hardness, roughness, wear, braking distance, braking time, brake coefficient of brake liner
with disc break, and the increase of heat generated due to friction happened. Characteristics
close to the market value of hardness 22.3 Kgf / mm2 roughness and wear 3.189 um and
0.00479115 gram / mm2.s is composition A with value 19,30 Kgf/mm2, 2,908 um, 0.0331
gram/mm2.s. Performance close to federal brake brake performance with a braking distance
of 17.28m, 1.94s of braking time, 46.66667oC of heat generated, and a coefficient of
frictional 0.812 at 60km / h with 30N brake press force from near-range performance
standards is Composition A 15.2 m, braking time C composition 2,04 s. Coefficient of
friction composition C 0.6364, and hot composition C 84,3 oC. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
dc.subject | Serbuk Sabut Kelapa | en_US |
dc.subject | Abestos | en_US |
dc.subject | Non Asbestos | en_US |
dc.subject | Karakteristik | en_US |
dc.subject | Performa | en_US |
dc.subject | Federal | en_US |
dc.title | Studi Eksperimental Karakteristik dan Performa Kampas Rem Serbuk Sabut Kelapa dengan Menggunakan Sepeda Motor Satria FU 150 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nim | NIM120401031 | en_US |
dc.identifier.submitter | Nurhusnah Siregar | |
dc.description.type | Skripsi Sarjana | en_US |