Studi Eksperimental Performansi Kampas Rem Berbahan Serbuk Bambu, Aluminium, Magnesium pada Kendaraan Satria FU
View/ Open
Date
2018Author
Siallagan, Randy Putra
Advisor(s)
Sabri, M.
Metadata
Show full item recordAbstract
Kampas rem adalah suatu komponen rem yang paling penting dalam kinerja pengereman,
kampas rem adalah suatu material komposit yang tersusun dari beberapa bahan penyusun dan
pengikat. Kampas rem ada dua jenis yaitu Abestos yaitu 40 s/d 60%, resin 12% s/d 15%,
BaSO4 14% s/d 15%, sisanya karet ban bekas, tembaga sisa kerajinan dan frictdust dan
kampas rem non asbestos yang terbuat dari aramyd atau Kevlar, rockwool, fiberglass,
potasiumtitanate, carbonfiber, graphite, cellulose, vemiculate, steelfiber, BaSO4, resin
phenolic, nitrile butadiene rubber. Pada penelitian ini peneliti membuat kampas rem non
asbestos dari material serbuk bambu dengan variasi kompoisi 20% serbuk tebu, 15% MgO,
15% Al dan 25% resin epoxy 25% hardener. 25% serbuk tebu, 15% MgO, 10% Al dan 25%
resin epoxy 25% hardener.30% serbuk tebu, 15% MgO, 5% Al dan 25% resin epoxy 25%
hardener. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan karakteristik dan performa kampas
rem menyerupai kampas rem non asbestos yang ada dipasaran seperti federal. Pengujian
karakteristik dan performa kampas rem yang diteliti berupa kekerasan, kekasaran, keausan,
jarak pengereman, waktu pengereman, koefisien gesek kampas rem dengan disk break, dan
pertambahan panas yang dihasilkan karena gesekan yang terjadi. Karakteristik yang
mendekati nilai pasaran kekerasan 22.3 Kgf/mm
2
yaitu komposisi C dengan nilai 30.39
Kgf/mm
2
,nilai kekasaran 3.189 μm yaitu komposisi komposisi A dengan nilai 2.963 μm,
nilai keausan 0.0052 gram/mm
2
.s adalah komposisi B dengan nilai 0,005904 gram/mm2.s.
performa yang mendekati performa kampas rem merek federal dengan nilai jarak
pengereman 17.28 m, waktu pengereman 1.94 s, panas yang dihasilkan 46.66667
o
C, dan
koefisien gesek 0.812 pada kecepatan 60km/h dengan gaya tekan pedal rem sebesar 30N, dari
standar performa jarak yang mendekati adalah komposisi C 15,98667 m, Waktu pengereman
komposisi A 2,913333 s. koefisien gesek komposisi A 0,765, dan panas komposisi A 44
o
C. Brake lining is the most important brake component in braking performance, brake lining is a
composite material composed of several constituents and binders. There are two types of
brake lining: Abestos is 40 s / d 60%, resin 12% s / d 15%, BaSO4 14% s / d 15%, the
remaining rubber tires, copper scrap remnants and frictdust.dan non asbestos brake lining
Made of aramyd or Kevlar, rockwool, fiberglass, potasiumtitanate, carbonfiber, graphite,
cellulose, vemiculate, steelfiber, BaSO4, phenolic resin, nitrile butadiene rubber. In this
research the researcher make non asbestos brake lining from bamboo material with variation
of composition of 20% sugarcane fiber, 15% MgO, 15% Al and 25% 25% hardener epoxy
resin. 25% cane fiber, 15% MgO, 10% Al and 25% 25% hardener.30% epoxy resin of sugar
cane, 15% MgO, 5% Al and 25% 25% hardener epoxy resin. The purpose of this study is to
obtain the characteristics and performance of brake lining that resembles non-asbestos brake
lining that is on the market like a federal. Testing of brake lining characteristics and
performance examined in the form of hardness, roughness, wear, braking distance, braking
time, brake coefficient of brake liner with disc break, and the increase of heat generated due
to friction happened. Characteristics close to the market value of hardness 22.3 Kgf/mm
2
roughness and wear 3.189 μm and 0.00479115 gram/mm
2
.s is composition A with value
22.03 Kgf/mm
2
, 3,199 μm, and 0.00405405 gram/mm2.s. Performance close to federal brake
brake performance with a braking distance of 17.28m, 1.94s of braking time, 46.66667
o
C of
heat generated, and a coefficient of frictional 0.812 at 60km/h with 30N brake press force
from near-range performance standards is Composition C 15,98667 m, braking time A
composition 2,913333 s. Coefficient of friction composition A 0,765, and hot composition A
44
o
C.
Collections
- Undergraduate Theses [866]