dc.contributor.advisor | Abda, Syahrul | |
dc.contributor.author | Hasibuan, Ahmad Ilham Anshori | |
dc.date.accessioned | 2018-12-26T08:00:04Z | |
dc.date.available | 2018-12-26T08:00:04Z | |
dc.date.issued | 2018 | |
dc.identifier.uri | https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/9913 | |
dc.description.abstract | Banyak peristiwa kecelakaan yang dialami truk pengangkut barang secara
tiba - tiba disebabkan oleh kegagalan pegas daun karena korosi. Korosi adalah
degradasi material akibat reaksi elektrokimia material tersebut dengan
lingkungannya. Permasalahan penelitian ini adalah korosi pada pegas daun
disebabkan adanya kontaminasi lingkungan sekitar yang memliki sifat korosif
seperti air sungai, abu vulkanik dan air laut. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui nilai laju korosi, kekerasan, dan nilai ketangguhan impak yang terjadi
pada pegas daun truk (AISI 5160) akibat pengaruh media korosi berupa air sungai,
cairan abu vulkanik, dan air laut. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah
metode eksperimen meliputi metode uji komposisi, metode immers, metode uji
kekerasan vikers dan metode uji ketangguhan impak charpy. Bentuk dan ukuran
spesimen sesuai standard ASTM E23 tahun 2004. Pemotongan spesimen dilakukan
dengan proses permesinan yaitu mesin grinda tangan, penyesuaian ukuran dengan
mesin sekrap dan penghalusan dengan mesin polish. Pengkorosian dilakukan
dengan merendam spesimen selama 200 jam pada media korosi yang berbeda. Data
yang didapatakan dari hasil pengujian berupa nilai kehilangan berat (bh) untuk laju
korosi, nilai VHN untuk kekerasan, dan drajat pemukulan akhir (β) untuk
ketangguhan impak. Data nilai kehilangan berat (bh) dan drajat pemukulan akhir
(β) diolah menggunakan formula untuk mendapatkan nilai laju korosi dan
ketangguhan impak. Hasil yang diperoleh adalah Laju korosi tertinggi pada pegas
daun truk yang direndam dalam air laut, lalu cairan abu vulkanik, dan air sungai.
Kekerasan tertinggi pada pegas daun truk yang direndam dalam air sungai ,lalu
cairan abu vulkanik, dan air laut. Ketangguhan impak tertinggi pada pegas daun
truk yang direndam dalam air sungai, lalu cairan abu vulkanik dan air laut.
Kesimpulannya adalah Hubungan nilai laju korosi berbanding terbalik dengan nilai
kekerasan dan ketangguhan impak. | en_US |
dc.description.abstract | Many accidents experienced by trucks carrying goods suddenly due to the failure
of the leaf spring due to corrosion. Corrosion is an electrochemical reaction material
degradation due to the material with its environment. The research problem is
corrosion on the leaf spring due to the contamination of the surrounding
environment that discount corrosive nature such as river water, volcanic ash and
seawater. The purpose of this study was to determine the rate of corrosion, hardness
and impact toughness values that occur in the truck leaf spring (AISI 5160) due to
the effect of corrosive media such as river water, liquid volcanic ash, and sea water.
The method used in this study is the experimental methods include methods of test
compositions, methods Immers,hardness test methods Vikers and test method
impact charpy toughness.The shape and size of the specimens according to ASTM
E23 in 2004. Cutting the specimen is done with the machining process is hand
grinding machine, it is calibrated sekrap and smoothing machine with polish
machine. Corrosion done by soaking the specimen for 200 hours at different
corrosion media. Data from the test results in the form of weight loss value (bh) for
corrosion rate, VHN value for the violence and the severe beating degrees (β) for
impact toughness.data Weight loss value (bh) and the severe beating degrees (β) is
processed using a formula to get the value of the rate of corrosion and impact
toughness. The result is the highest corrosion rate on truck leaf springs are soaked
in sea water, and liquid volcanic ash, and river water. The highest hardness on the
truck leaf spring river soaked in water, then fluid volcanic ash, and sea water. The
highest impact toughness on a truck leaf springs are immersed in the river water,
then fluid volcanic ash and sea water. The conclusion is that the corrosion rate value
relationship is inversely proportional to the hardness and impact toughness. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
dc.subject | Laju Korosi | en_US |
dc.subject | Kekerasan | en_US |
dc.subject | Impak | en_US |
dc.title | Studi Eksperimental Laju Korosi, Kekerasan, dan Impak pada Pegas Daun Truk Baja Paduan AISI 5160 Akibat Pengaruh Media Air, Cairan Abu Vulkanik, dan Air Laut | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nim | NIM130401013 | en_US |
dc.identifier.submitter | Nurhusnah Siregar | |
dc.description.type | Skripsi Sarjana | en_US |